Peningkatan Pemahaman Kompetensi Instalasi Listrik bagi Santri di Pondok Pesantren Subulus Salam

Authors

  • Angga Wahyu Aditya Politeknik Negeri Balikpapan
  • Hilmansyah Hilmansyah Politeknik Negeri Balikpapan
  • Restu Mukti Utomo Politeknik Negeri Balikpapan

Keywords:

pondok pesantren; instalasi listrik; teknologi terapan.

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan agama islam yang diakui dan populer di Indonesia. Pondok pesantren memegang peranan penting dalam mengembangkan pendidikan yang berlandaskan ajaran agama islam. Ditengah derasnya arus globalisasi saat ini, pondok pesantren dituntut untuk memberikan kemampuan tambahan kepada santri agar mampu bertahan dan beradaptasi di tengah masyarakat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu santri yang ada di pondok pesantren dalam memahami mengenai dasar – dasar kelistrikan seperti pengenalan peralatan dan instalasi listrik. Tahapan kegiatan dari pelatihan ini terdiri atas survei lokasi dan penentuan kebutuhan pelatihan. Tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan pelatihan yang mana melibatkan mahasiswa di dalam pelaksanaan pelatihan ini. Kegiatan selanjutnya adalah pelaksanaan evaluasi dalam bentuk inspeksi secara langsung instalasi kelistrikan yang ada di pondok peantren dengan diawasi oleh tenaga ahli dalam bidang instalasi kelistrikan. Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman santri dalam instalasi listrik. Selain itu, kegiatan pelatihan ini diharapkan memberikan solusi tersendiri bagi pondok pesantren dalam mengatasi permasalahan instalasi kelistrikan dan bekal bagi santri setelah lulus dari pondok pesantren.

 

References

Arif, M. (2013). PERKEMBANGAN PESANTREN DI ERA TEKNOLOGI. Jurnal Pendidikan Islam, 307 - 322.
Arifin, M., & Setiawan, R. R. (2019). Peningkatan Kapasitas Santri Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Kudus Melalui Pelatihan Web. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 22-27.
Firman, Rama, B., Damopoli, M., & U., M. S. (2020). Realitas Pembelajaran Konten Keisalaman dan Keindonesiaan di Pondok Pesantren Hidayatullah–Fiman, dkk.|| 155REALITAS PEMBELAJARAN KONTEN KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BALIKPAPAN. Al-Qalam Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya, 155-166.
M., A. M. (2011). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Pesantren. EDUKASI Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 4274 - 4304.
Madjid, N. (1997). Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.
Mumtahanah, N. (2013). PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME SANTRI . AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 54 - 70.
Purwaningsih, I., Mualifah, L., & Maryati, S. (2019). PKM POS KESEHATAN PESANTREN (POSKESTREN) DI PONDOK PESANTREN MODERN MBS PLERET BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2018. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada, 13 - 22.
Syafa'at, A. K. (2014). STRATEGI PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN DALAM ERA GLOBALISASI DI KABUPATEN BANYUWANGI. INFERENSI, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 245 - 269.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Aditya, A. W. ., Hilmansyah, H., & Utomo, R. M. . (2021). Peningkatan Pemahaman Kompetensi Instalasi Listrik bagi Santri di Pondok Pesantren Subulus Salam. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 67–73. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1110

Issue

Section

Articles