Peningkatan Literasi Digital bagi Wirausaha Muda
Keywords:
kewirausahaan; ppk; program pengabdian masyarakatAbstract
Pandemi global yang terjadi mendorong percepatan literasi digital dan menuntut para wirausahawan untuk melek teknologi agar dapat menjangkau customer yang menjalani social distancing di rumah dan lebih banyak menghabiskan waktunya secara daring. Para wirausahawan terutama wirausahawan muda harus memahami pentingnya teknologi untuk menarik pelanggan. Artikel ini menguraikan program pengembangan kewirausahaan (PPK) yang memfokuskan pelatihannya kepada peningkatan literasi digital bagi wirausaha muda untuk meraih peluang bisnis, memperluas usaha serta menjangkau, dan mempertahankan pelanggan melalui platform digital. Program ini dilakukan oleh tim PPK Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda menggunakan metode rekrutmen tenant melalui proses sosialisasi dan seleksi untuk menyeleksi tenant berdasarkan motivasi berwirausaha beserta profil usahanya. Selain itu, program pengembangan kewirausahaan yang dijalankan juga meliputi proses pendampingan dan pelaksanaan seminar daring. Program ini menunjukan hasil yang positif dalam meningkatkan literasi digital para peserta, meningkatkan kreatifitas dan motivasi berwirausaha serta meningkatkan channel pemasaran dan distribusi melalui aplikasi marketplace local “Behambinan” bagi para tenant PPK Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Berkenaan dengan hasil ini, kami menyarankan kepada perguruan tinggi untuk dapat melaksanakan program pengembangan kewirausahaan yang mendorong literasi digital para peserta agar dapat memanfaatkan platform digital untuk memperluas usaha, berpikir kreatif untuk memenangkan persaingan, dan memanfaatkan peluang di era new normal.
References
Indrawati, A., Barus, I. N., Solihin, D., & Nurqamarani, A. S. (2020). Peningkatan Motivasi Kewirausahaan dan Kemandirian melalui. Abdimas Mahakam Journal, 8-13. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.541
Iskandar¹, & Sudarwadi², F. (2020). Gerakan Pengentasan Pengangguran Terdidik Melalui Strategi Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Di Pendidikan Tinggi. JKB, 12-26. https://doi.org/10.20961/jkb.v25i1.31954
Kaltim Today. (2020, April 26). Behambinan, Solusi Berbelanja Warga Samarinda di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved from Kaltim Today: https://kaltimtoday.co/behambinan-solusi-berbelanja-warga-samarinda-di-tengah-pandemi-covid-19/
Kemp, S. (2020, February 18). Digital 2020: Indonesia. Retrieved from Data Reportal: https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
Mahdalena, S. (2014). Penggunaan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-14.
Ridwan, Maryadi, Saleh, M., & Fitriani, L. (2019). Implementasi Program Pengembangan Kewirausahaan STIE Nobel. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 124-130. 10.31960/caradde.v1i2.27
Rohmawati, S. (2018). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptual, 64-70. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i1.29
Shodikin, A., Sumarno, W. K., & Sutardi, M. A. (2018). Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa dan Alumni di Universitas Islam Darul Ulum Lamongan . JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 258-263. https://doi.org/10.21067/jpm.v3i2.2636
Susanto, M. (2019, January 18). Apa itu Revolusi Industri 4.0 ? Retrieved from Zenius: https://www.zenius.net/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.