Analisis Tren Penelitian Literasi Digital dalam Konteks Pemilihan Umum di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24903/fpb.v9i2.3236Keywords:
digital literacy, elections, political participation, social media, disinformation, Literasi digital, pemilu, partisipasi politik, media sosial, disinformasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian terkait literasi digital dalam konteks pemilihan umum di Indonesia. Dengan menggunakan analisis konten terhadap 37 artikel yang dipublikasikan sepanjang tahun 2020-2025 dalam jurnal terindeks SINTA, penelitian ini mengkategorikan temuan berdasarkan jenis penelitian, subyek, topik, dan instrumen yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan dominasi pendekatan kualitatif dalam studi literasi digital, dengan fokus pada isu partisipasi politik, penggunaan media sosial, dan pendidikan politik. Literasi digital terbukti menjadi elemen kunci dalam meningkatkan partisipasi politik dan melawan disinformasi yang merusak integritas demokrasi. Namun, penelitian kuantitatif terkait tema ini masih minim, sehingga menyisakan kesenjangan dalam pengukuran hubungan kausal antara literasi digital dan variabel lain seperti perilaku pemilih. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi akademisi dan pembuat kebijakan untuk merancang strategi pendidikan literasi digital yang lebih efektif.
References
Afandi, Ningsih, K., Hufiah, A., Rosyadi, A. R., & Cornelia. (2022). Digital-Age Literacy in Indonesia: A Systematic Literature Review Using VOSViewer. AIP Conference Proceedings, 2600. https://doi.org/10.1063/5.0112286
Afdhala, B., & Laksmi, L. (2021). Digital Literacy Coverage in Antaranews and Liputan6 Online Media Site. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 12(1). https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.24285
Ahmad, I. F. (2022). Urgensi Literasi Digital di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan Sistematis. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-1
Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022.
Fauzi, A., & Pradipta, I. W. (2018). Research methods and data analysis techniques in education articles published by Indonesian biology educational journals. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2). https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5889
Febriansyah Putra, & Patra, H. (2023). Analisis Hoax pada Pemilu: Tinjauan dari Perspektif Pendidikan Politik. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1). https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.119
Giddens, D. (2019). Digital literacy unpacked. Journal of the Australian Library and Information Association, 68(1). https://doi.org/10.1080/24750158.2019.1575168
Helsper, E. J. (2016). Inequalities in digital literacy: definitions, measurements, explanations and policy implications. In CC BY-NC (Vol. 4).
I Gusti Ngurah Agung Wijaya Mahardika. (2022). Literasi Digital dan Kemampuan Berpikir Kritis sebagai Keterampilan Dasar Guru Masa Kini. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 3(2). https://doi.org/10.25078/sa.v3i2.3247
McDougall, J., Brites, M. J., Couto, M. J., & Lucas, C. (2019). Digital literacy, fake news and education. Cultura y Educacion, 31(2). https://doi.org/10.1080/11356405.2019.1603632
McNair, B. (2019). Book title: An Introduction to Political Communication. Journal of Peace, Development & Communication, 03(01). https://doi.org/10.36968/jpdc.0301.05
Musa, N., Hamid, N. A., & Ishak, M. S. (2021). The Development of Digital Literacy in Academic Context in Indonesia: Literature Review Study. Jurnal Iqra" : Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25217/ji.v6i2.1661
Musticho, A. W., Salsabilla, I. A., Laila, R., & Sari, M. A. (2023). Peran Pemilih Pemula melalui Ruang Digital dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Umum 2024. Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara, 2(2). https://doi.org/10.30762/vjhtn.v2i2.271
Normuratova, V. I. (2024). Digital Literacy in Modern Education. THE AMERICAN JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATION INNOVATIONS, 6(10), 61–65. https://doi.org/10.37547/tajssei/Volume06Issue10-07
Nugroho, A. S., Hidayat, N., Robiyanti, R. R., Purwaningsih, T., Tinggi, S., Buddha, A., Pulo, N. J., Permai, G., 107, N., & Timur, J. (2022). Peran Literasi Digital Dan Big Data Dalam Mencegah Hoax Jelang Pemilu 2024. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang (SINOV), 4(2).
Peter, C., & Muth, L. (2023). Social Media Influencers’ Role in Shaping Political Opinions and Actions of Young Audiences. Media and Communication, 11(3). https://doi.org/10.17645/mac.v11i3.6750
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1). https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795
Sufrianto, S., Lakawa, I., Makkawaru, A., & Haryono, H. (2022). Literasi Pembelajaran Berbasis Digital bagi Dosen Pemula dan Dosen Praktisi. Jurnal Sultra Sains, 4(2). https://doi.org/10.54297/sultrasains.v4i2.425
Susetyarini, E., & Fauzi, A. (2020). Trend of critical thinking skill researches in biology education journals across Indonesia: From research design to data analysis. International Journal of Instruction, 13(1). https://doi.org/10.29333/iji.2020.13135a
Tamrin, U., RS, A. H., Arsyad, A. A. J., Umar, N., & Kurniawan, D. (2024). Analisis Peranan Pemilih Pemula dan Pentingnya Teknologi Digital Untuk Pemilihan Umum 2024 di Indonesia (Studi Kasus: Pemilih Pemula SMA Negeri 20 Makassar). Journal of Digital Literacy and Volunteering, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.57119/litdig.v2i2.89
Wahab, R. A. (2019). Narrowing The Digital Divide of People with Disabilities to Ensure the Technology and Social Inclusion. Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2). https://doi.org/10.17933/mti.v10i2.157
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Parlin Fabianus Vicky Berek, Ridwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.