SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) BERBASIS DIGITALISASI DI DESA SUMBERLELE KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Nourma Ulva Kumala Devi Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Supriyanto Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Maryadi Handoyo Universitas Panca Marga Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.24903/fpb.v9i1.2743

Keywords:

Sumberlele Village Government; Service Operational Standards (SOP); Information System Population Administration (SIAK)

Abstract

Dalam konteks sistem pemerintahan, Negara Republik Indonesia membagi daerah Indonesia atas daerah-daerah besar dan daerah kecil, dengan bentuk dan susunan tingkatan pemerintahan terendah adalah Desa atau kelurahan. Dalam konteks ini pemerintahan Desa adalah merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan pemerintahan nasional yang langsung berada di bawah pemerintah kabupaten. Dalam menjalankan fungsi pelayanan inilah pemerintahan Desa Sumberlele yang berada di Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo bertindak sebagai ujung tombak dalam sistem pemerintahan daerah, karena berhubungan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Desa Sumberlele maka pemerintah Desa Sumberlele menggunakan layanan Aplikasi sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif secara deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan teori implementasi kebijakan menurut George Edward III (Widodo, 2011) terdapat 4 faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan implementasi kebijakan antara lain yaitu faktor 1. Komunikasi, 2. Sumberdaya, 3. Disposisi dan 4. Struktur birokrasi. Aplikasi sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) sudah digunakan di Desa Sumberlele dan berjalan dengan baik. Dalam penggunaan Aplikasi sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) ternyata ada perbedaan standar operasional pelayanan (SOP) yang dibuat oleh Dinas Dukcapil dan Pemerintah Desa Sumberlele, sehingga pemerintah Desa Sumberlele mencari solusi dan evaluasi dari perbedaan yang ada agar pelayanan yang diberikan bisa maksimal, efektif dan efisien bagi masyarakat Desa Sumberlele

References

Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Probolinggo. Standar Operational Pelayaanan (SOP) Prosedur Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa (Pedes).

Gabriele. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP). Jurnal AGORA, 6(1), 1–10.

Indonesia, K. D. N. (2019). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 95 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Jakarta. Kementrian Dalam Negeri.

Info Publik. (2022). DP3AK Gelar Rakor Teknis Pengelola Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.

Kominfo. (2022). Dispendukcapil Probolinggo Gelar Bimtek Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa. Website: https://kominfo.jatimprov.go.id.

Pemerintahan Desa Sumbrlele Kecamtan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Standar Operational Pelayaanan (SOP) Prosedur pelayanan Administrasi Kependudukan SIAK Desa Sumberlele.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013. Tentang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Widodo, J. (2011). Analisis Kebijakan Publik : Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang. Bayu Media.

Additional Files

Published

2024-06-14

How to Cite

Nourma Ulva Kumala Devi, Supriyanto, & Handoyo, M. (2024). SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) BERBASIS DIGITALISASI DI DESA SUMBERLELE KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.24903/fpb.v9i1.2743

Issue

Section

Articles