PERAN FILSAFAT ILMU DALAM PENELITIAN ILMIAH DAN KEHIDUPAN SOSIAL
Keywords:
filsafat ilmu, penelitian ilmiah, kehidupan sosialAbstract
Filsafat ilmu memiliki peran yang signifikan dalam membentuk landasan teoretis dan metodologis bagi penelitian ilmiah serta memberikan peran yang berharga dalam memahami dan membimbing kehidupan sosial. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan peran filsafat ilmu dalam dua aspek utama, yaitu penelitian ilmiah dan kehidupan sosial. Dalam konteks penelitian ilmiah, filsafat ilmu memberikan landasan konseptual yang mendalam bagi pengembangan teori dan metodologi penelitian. Filsafat ilmu membantu peneliti untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan mendasar, merinci kerangka epistemologis, dan memahami asumsi-asumsi yang mendasari penelitian. Dengan demikian, filsafat ilmu berfungsi sebagai panduan untuk menjaga integritas metodologis, meminimalkan bias, dan memastikan interpretasi yang tepat terhadap hasil penelitian. Selain itu, peran filsafat ilmu juga terlihat dalam kehidupan sosial. Filsafat ilmu membantu masyarakat dalam memahami dasar-dasar pemikiran ilmiah, mendiskusikan etika penelitian, dan mengevaluasi implikasi sosial dari kemajuan ilmiah. Dengan memberikan wawasan tentang sifat pengetahuan dan metodologi ilmiah, filsafat ilmu memainkan peran penting dalam membentuk pandangan masyarakat terhadap sains dan teknologi. Dengan demikian, tulisan ini menggarisbawahi bahwa filsafat ilmu bukan hanya merupakan disiplin akademis yang terpencil, tetapi juga memiliki dampak langsung dalam penelitian ilmiah dan kehidupan sosial. Melalui pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep filosofis seperti epistemologi, ontologi, dan etika, kita dapat memperkaya diskusi ilmiah dan mencapai kemajuan yang berkelanjutan dalam masyarakat yang semakin kompleks dan terhubung.
References
Achmad Djunaidi, dalam I Gusti Bagus Rai Utama (ed), 2018, Filsafat Ilmu dan Logika, Bali: Universitas Dhyana Pura Badung.
Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1 Juni), 131–141. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/2123
Akhyar Yusuf Lubis, 2018, Filsafat Ilmu: Klasik Hingga Kontemporer, Jakarta: Rajawali Pers.
Amsal Bakhtiar, 2017, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Grafindo.
C. Verhaak dalam FX. Mudji Sutrisno & F. Budi Hardiman (ed), 1992, Para Filsuf Penentu Gerak Zaman, Yogyakarta: Kanisius.
Donny Gahral Adian, 2022, Menyoal Objektivisme Ilmu Pengetahuan Objektivisme Ilmu Pengetahuan: Dari David Hume sampai Thomas Kuhn, Jakarta: Teraju,.
Fadli, M. R. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130. https://doi.org/10.22146/jf.42521
Hastangka, H., & Santoso, H. (2021). Arah dan Orientasi Filsafat Ilmu di Indonesia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 287. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.38407
J. Sudarminta, 2022, Epistemologi Dasar, Pengantar Filafat Pengetahuan, Yogyakarta, Kanisius.
Jerome R. Ravertz, 2018, Filsafat Ilmu, Sejarah & Ruang Lingkup Bahasa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khusnan, A. (2019). Diskursus Kesejarahan Ilmu Pengetahuan Dan Filsafat Ilmu. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i1.41
Louis O. Kattsoff, 2004, Pengantar Filsafat, terj. Soejono Soemargono, Yogyakarta: Tiara Wacana.
M. Amin Abdullah, 1992, “Aspek Epistemologis Filsafat Islam” dalam Irma Fatima (ed), Filsafat Islam, kajian, Ontologis, Epistemologis, Aksiologis, Historis, Prospektif. (Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam.
Muktapa, M. I. (2021). Implikasi Filsafat Ilmu dan Etika Keilmuan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Modern. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(2), 20–29. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i2.73
Nurhayati, N. H. (2021). Filsafat Ilmu Peranan Filsafat Ilmu Untuk Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(2), 345–358. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v13i2.409
Parida, P., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Fadhil Rizki, A. (2021). Kontruksi Epistimologi Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 273. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.35503
Rizal Muntansyir & Misnal Munir, 2020, Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. The Liang Gie, 1996, Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta, Liberty.
Rofiq, M. N. (2018). Peranan Filsafat Ilmu Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 161–175. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i1.112
Situmeang, I. R. V. O. (2021). Hakikat Filsafat Ilmu dan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1–17.
Tarigan, M., Gustiana, D., Lestari, T. D., Fadhilah, Q., & Hidayat, Y. (2022). Arah dan Orientasi Filsafat Ilmu di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 159–168. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3977
Tarigan, M., Yasmin, F. A., Rifai, A., Yusriani, Y., Azmi, K., & Azmi, K. (2022). Filsafat Ilmu sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 175–182. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.4049
Yuisman, D. (2018). Peran Dan Fungsi Filsafat Ilmu Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Berlandaskan Nilai Keislaman. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 179–196. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.113
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahyu Saputra Akbar Akbar, Ofianto Ofianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.