Analisis Kinerja Pelayanan Publik Dalam Penyelenggaraan Jalan Daerah (Studi Kasus di Dinas Pekerjaan Umum Kota Probolinggo)

Authors

  • Pungky Praja Jatmika Sekolah tinggi Ilmu Administrasi Bayuangga Probolinggo

Keywords:

Pelayanan Pendidikan, Kualitas, dan Kinerja

Abstract

Penyiapan infrastruktur salah satunya jalan serta jembatan ini menjadi satu diantara  tugas pemerintah daerah yang memiliki regulator serta pemilik wewenang melaksanakan pengelolaan kabupaten untuk memberikan pelayanan publik. Walikota memiliki peran menjadi Pembina dalam memberikan layanan pubik memiliki kewajiban membeina, mengawasi, serta melakukan evaluasi serta sekaligus bertanggung jawab atas pelaskanaan pelayanan pubik. Untuk melaskasnakan tugasnya Pemda Kota Probolinggo dibantu Dinas PU Kota Probolinggo selaku instansi yang diberikan tangung jawab membantu Pemerintah pusat melalui kementerian PUPR Republik Indonesia. Adapun perwakilan pelaksanaan wewenang itu tujuannya guna menjaga mutu layanan publik supaya selalu maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif serta metode kuantitatif yang bertujuan guna melihat prosedur pemberian layanan publik untuk perbaikan jalan daerah dan guna melihat apakah Dinas PU Kota Probolinggo sudah melaksanakan tugas serta fungsinya secara baik seperti yang diatur pada aturan perundangan. Hasil riset ini ditemukan bahwa prosedur penyelenggaraan jalan daerah oleh Dinas PU Kota Probolinggo diawali dengan pengajuan usulan dalam bentuk proposal. Setelah terkumpul usulan dari masyarakat, maka Dinas PU Kota Probolinggo memiliki kewajiban meninjau lokasi guna melaksanakan survey lapangan. Temuan yang diperoleh kemudian diteruskan ke pemerintah daerah. Adapaun dasar layanan publik berhubungan dengan penyelenggaraan jalan daerah yang oleh Dinas PU tercantum di aturan Walikota No 30 Tahun 2012 mengenai Tugas Pokok serta Fungsi Lembaga Teknis Daerah Kota Probolinggo yang mengandung Tugas serta Fungsi Dinas PU Kota Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian juga diketahui bahwasannya Dinas PU Kota Probolinggo telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

References

Agus Dwiyanto.2005. Menciptakan Good Governance Lewat Pelayanan Publik. Ctk. Pertama. Yogayakarta : Gadjah Mada University Press
Aunur Rohim Faqih & Amir Mu‟allim.2002. Ibadah serta Akhlak Islam. Ctk. Kedua. Yogyakarta : UII Press

Busrizalti, M.2013. Hukum PEMDA Otda Serta Dampaknya. Ctk. Pertama.Yogyakarta : Total Media
Dinas PU Kota Probolinggo.2020.RKPD Tahun 2020 Revisi.
Hardiyansyah.2011. Mutu Layanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, serta implikasi. Ctk. Pertama. Yogyakarta : Gava Media
Hesti Puspitosari.2012. et.al.,Filosofi layanan Publik Buramnya Wajah Layanan KKearah Perubahan Paradigma Layanan Publik. Ctk. Kedua. Malang : Setara Press
Joetata Hadihardaja.1987. Rekayasa Jalan Raya. Ctk. Pertama. Depok : Gunadarma
J.S. Badudu, Sutan Mohammad Zain.2005.KBBI. Ctk. Pertama. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan
Kepastian Haluana‟a & Walid Mustafa Sembiring.2016. “Peranan Kecamatan dalam Membangun Infrastruktur Jalan di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang”. Jurnal Ilmu Pemerintahan & Sosial Politik UMA, Edisi No. 4 Vol. 1
Kristian Widya Wicaksono.2014. Kajian Kritis Administrasi & Pengelolaan Sektor Publik di Indonesia. Ctk. Pertama. Yogayakarta : Gava Media
LAKIP Dinas Pekerjaan Umum Kota Probolinggo tahun 2017
Lijan Poltak Sinambela.2006. Reformasi Layanan Publik: Teori, Kebijakan, serta Implementasi. Ctk. Pertama. Jakarta : PT Bumi Aksara
Novita Tresna, “Efektifitas.2009. Efisiensi Instansi Publik VS Pengoptimalan Layanan Publik” Ctk. Pertama, Bandung : Nuansa
Peter Mahmud Marzuki.2008. Riset Hukum. Jakarta : Kencana
Ridwan H.R..2014. Hukum Administrasi NegaraJakarta : PT Raja Grafindo Persada
S.F. Marbun.2014. Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Layak. Ctk. Pertama. Yogayakrata : FH UII Press
Sirajuddin, et.al.2012.Hukum Pelayanan Publik Berbasis Partisipasi & Keterbukaan Informasi. Ctk. Kedua. Malang : Setara Press
Solichin Abdul Wahab, Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Penyusunan Model Penerapan Kebijakan Publik.2016. Ctk. Keempat. Jakarta : PT Bumi Aksara
Victor A. Thompson.1961.Modern Organization. New York : Alfred A. Knoff
Yeremias T. Keban.2014. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori, dan Isu. Ctk. Pertama. Yogayakarta : Gava Media

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Jatmika, P. P. . (2022). Analisis Kinerja Pelayanan Publik Dalam Penyelenggaraan Jalan Daerah (Studi Kasus di Dinas Pekerjaan Umum Kota Probolinggo). FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 7(2), 297–304. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/fisipublik/article/view/1840

Issue

Section

Articles