STRATEGI DINAS TENAGA KERJA DAN TANSMIGRASI DALAM PENGENTASAN PENGANGGURAN DI KABUPATEN KARAWANG (Studi Bidang Bina Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja)

Authors

  • Elfa Nurmala Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Strategi; Pengangguran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pengangguran yang masih menjadi fenomena klasik yang belum mereda di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya yaitu di Kabupaten Karawang. Berdasarkan data yang ditemukan, tingkat pengangguran di Kabupaten Karawang terus mengalami kenaikan. Mengupayakan strategi yang tepat untuk mengentaskan pengangguran sudah menjadi tugas dan fungsi Pemerintah Kabupaten Karawang dalam hal ini yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalis terkait Strategi Dinas Tenaga Kerja Dan Tansmigrasi Dalam Pengentasan Pengangguran Di Kabupaten Karawang (Studi Bidang Bina Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Maksud peneliti menggunakan metode tersebut untuk mengkaji dan memahami secara menyeluruh dan mendalam terkait Strategi Dinas Tenaga Kerja Dan Tansmigrasi Dalam Pengentasan Pengangguran Di Kabupaten Karawang (Studi Bidang Bina Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja), sehingga Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Sesuai dengan teori Strategi Geoff Mulgan (2009) yang memiliki indikator antara lain Tujuan (Purposes), Lingkungan (Environment), Pengarahan (Direction), Tindakan (Action), Pembelajaran (Learning). Strategi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam pengentasan pengangguran di Kabupaten Karawang (Studi Bidang Bina Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja) sudah terlaksana namun belum optimal. Masih terdapat masalah dan kendala dalam pelaksanaannya.

References

Buku:
Anthony, W. P. P. L. & K. (2013). Strategic Human Resource Management. Orlando: Harcourt Brace and company.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih di Antara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar.
Ibrahim, Z. (2013). Pengantar Ekonomi Makro. Kopsyah Baraka.
Kaufman, B. E. & J. L. H. (1999). The Economics of Labor Markets Fifth Edition. The Dryden Press.
Knic.co.id. (2019, May 29). Alasan Kawasan Industri Karawang Strategis. https://www.knic.co.id/id/alasan-kawasan-industri-karawang-strategis
Kusumadmo, E. (2013). Manajemen Strategik Pengetahuan. Cahaya Atma Pustaka.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulgan, G. (2009). The Art Of Public Strategi (Mobilizing Power and Knowledge For The Common Good). Oxford University Press Inc.
Nanga, M. (2001). Makro Ekonomi, Teori, Masalah dan Kebijakan. PT Raja Grafindo Persada.
Santoso, R. (2012). Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. UPP STIM YKPN.
Sukirno, S. (2010). Makro Ekonomi. PT Raja Grafindo Persada.
Sumarsono, S. (2009). Ekonomi Sumber Daya Manusia Teori dan Kebijakan Publik. Graha Ilmu.

Peraturan Perundang-undangan:
Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan Pemerintah Kabupaten Karawang.
Peraturan Bupati Karawang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Perluasan Kesempatan Kerja Di Kabupaten Karawang.
Rencana Strategis Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang 2016-2021.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Nurmala, E. . (2022). STRATEGI DINAS TENAGA KERJA DAN TANSMIGRASI DALAM PENGENTASAN PENGANGGURAN DI KABUPATEN KARAWANG (Studi Bidang Bina Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja). FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 7(2), 281–296. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/fisipublik/article/view/1839

Issue

Section

Articles