DETERMINAN MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
DOI:
https://doi.org/10.24903/je.v11i2.1607Keywords:
Motivasi, Biaya, Pengetahuan, Pertimbangan Pasar Kerja, Minat Mengikuti PPAkAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, biaya pendidikan, pengetahuan tentang UU No. 5 Tahun 2011 dan pertimbangan pasar kerja terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi FEB UMRI yang berjumlah 713 sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Akuntansi angkatan 2018 dan 2019 yang berjumlah 409. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian adalah variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk, variabel biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk, variabel pengetahuan tentang UU No. 5 Tahun 2011 berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk, variabel pertimbangan pasar kerja berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk dan motivasi, biaya pendidikan, pengetahuan tentang UU No. 5 Tahun 2011, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk
Kata Kunci : Motivasi, Biaya, Pengetahuan, Pertimbangan Pasar Kerja, Minat Mengikuti PPAk
References
Baiturrahman, M., Mahsuni, A. W., & Junaidi. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk) (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2016-2017). E-JRA, 2(0341), 552249.
Berlinasari, M., & Adi, N. M. E. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ppak. E-Jurnal Akuntansi, 2017(1), 447–476.
Dewi, K. A. R., & Ratnadi, N. M. D. (2018). Pengaruh Motivasi, Biaya, dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang UU No. 5 Tahun 2011 Pada Minat PPak. E-Jurnal Akuntansi, 2018(1), 51–79. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v22.i01.p03
Ghozali, H. I. (2016).Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (P.P Harto (ed); Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Karina Pradityas Putri. (2011). "Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang". Skripsi : FE Universitas Diponegoro Semarang
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 153 Tahun 2014. tentang Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesi Akuntan.
Rivandi, M., & Kemala, E. R. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 94–108. https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.177
Sani, V. N. (2020). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Wangarry, R., Sondakh, J., & Budiarso, N. S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi, 13(04), 108–119.