ANALISIS MAQASHID SYARIAH PADA KOPERASI PRODUSEN SYARIAH INDUSTRI KREATIF DI BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1230Keywords:
Maqashid Syariah, Koperasi Syariah, Industri KreatifAbstract
Koperasi Produsen Syariah Industri Kreatif merupakan koperasi syariah yang memiliki peran untuk meningkatkan kualitas hidup anggota melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM). UMKM yang ada pada Koperasi Produsen Syariah Industri Kreatif ialah bergerak dibidang industri kreatif. Sedangkan maqashid syariah merupakan hukum Islam yang memiliki maksud dan tujuan penting dalam kehidupan manusia yaitu memperoleh kemaslahatan. Melalui adanya konsep antara lain 1) terserapnya ilmu pengetahuan dan meningkatnya pendidikan anggota; 2) tersampaikannya rasa keadilan bagi masyarakat khususnya anggota; 3) terwujudnya kesejahteraan anggota. Metode yang digunakan dalam artikel ini ialah metode kualitatif yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis maqashid syariah pada Koperasi Produsen Syariah Industri Kreatif di Bojonegoro berjalan sesuai dengan konsep dan tujuannya yaitu yaitu proses pendidikan yang diperoleh anggota sangat dirasakan pengaruh positifnya oleh anggota Koperasi Produsen Syariah Industri Kreatif, tersedianya bahan batik, konveksi dan sablon memudahkan anggota dalam melakukan peningkatan produksi, meningkatnya keuangan keluarga serta kemampuan dalam memanfaatkan teknologi untuk usaha industri kreatif anggota yang semakin lama semakin berkembang. Sebagaimana fungsi dari koperasi syariah itu sendiri yaitu untuk mendorong kehidupan masyarakat pada kesejahteraan dan ke maslahatan
References
Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(03). https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.51
Ghulam, Z. (2016). Implementasi Maqashid Syariah Dalam Koperasi Syariah. Iqtishoduna, 7(1). https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/iqtishoduna/article/view/85
Hatta, M. (1960). Beberapa Fasal Ekonomi: Djalan Ke Ekonomi Dan Pembangunan. Dinas Penerbitan Balai Pustaka.
HT, H. A., & Rama, A. (2016). Peringkat Kinerja Lembaga Keuangan Syariah Berdasarkan Maqashid Syariah. Dialog, 39(2). https://doi.org/10.47655/dialog.v39i2.94
Jaya, A. (1996). Konsep Maqashid Al-Syari’ah Menurut Al-Syathibi. PT. Raja Grafindo Persada.
Musolli. (2018). Maqasid Syariah: Kajian Teoritis Dan Aplikatif Pada Isu-isu Kontemporer. At-Turas, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33650/at.turas.v5i1.324
Naufal, Z. A. (2012). Fikih Muamalah Klasik Dan Kontemporer. Ghalia Indonesia.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Ratna. (2020). Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kota Palembang Di Era New Normal. Jurnal La Riba, 2(1). http://e-jurnal.stitqi.ac.id/index.php/lariba/article/view/217
Rusydiana, A. S., & Devi, A. (2018). Mengembangkan Koperasi Syariah di Indonesia: Pendekatan Interpretative Structural Modelling (ISM). Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1). https://doi.org/10.21580/economica.2018.9.1.2181
Shiddiq, G. (2009). Teori Maqashid Al-Syari’ah Dalam Hukum Islam. Sultan Agung, 44(118). https://doi.org/10.1001/archneur.58.4.677
Sofian. (2018). Koperasi Syariah Sebagai Solusi Keuangan Masyarakat: Antara Religiusitas, Trend, Dan Kemudahan Layanan. POLBAN, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/irwns.v9i0.1146
Syamsiyah, N., Syahrir, A. M., & Susanto, I. (2019). Peran Koperasi Syariah Baitul Tamwil Muhammadiyah Terhadap Pemberdayaan Usaha Kecil Dan Menengah Di Bandar Lampung. Jurnal Al Amin, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.17
Syarifuddin, A. (2008). Ushul Fiqh. Prenada.
Umam, K. (2001). Ushul Fiqih. Pustaka Setia.
Umar, H. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Widyanti, N. (2003). Koperasi dan Perekonomian Indonesia (Jakarta). PT. Bina Adi Aksara.