FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH

Authors

  • Novia Putri Ayu Wulandari
  • Diah Hari Suryaningrum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1227

Keywords:

Religiusitas, Pengetahuan, Bagi Hasil, Lokasi, Rekomendasi Orang Tua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor yang berpengaruh pada minat menabung mahasiswa di bank syariah yang terdiri dari Religiusitas, Pengetahuan, Lokasi, Bagi Hasil, Rekomendasi Orang Tua, Disposable Income. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan langsung dengan menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Angkatan 2017. Sampling dilakukan berdasarkan teknik simple random sampling  pada 118 responden dan analisis data yang digunakan yaitu WarpPLS 7.0. Hasil dari penelitian ini menyatakan jika Pengetahuan dan Bagi Hasil berpengaruh positif pada Ketertarikan menabung di bank syariah. Sementara Religiusitas, Lokasi, Rekomendasi Orang tua dan Disposable Income tidak berpengaruh pada Ketertarikan menabung di bank syariah

References

Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. In Manajemen Pemasaran (pp. 60–61). Jakarta: Alfabeta.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Amilia, S., Bulan, T. P. L., & Rizal, M. (2018). Pengaruh Melek Finansial , Sosialisasi Orang Tua , dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Bidik Misi Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Samudra Ekonomika, 2(2), 96–107.
Ardiana, M. (2016). Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya Terhadap Perilaku Menabung Siswa SMK se Kota Kediri. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 59–75.
Brigita Fitri, D. T. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Terhadap Minat Menabung Anggota Koperasi Kredit Bina Masyarakat Cabang Sintang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5, 137–147.
Chotimah, C., & Rohayati, S. (2015). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual, dan Teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2), 3.
Damayanti, S. (2017). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 17. https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1412
Darmawan, A., Indahsari, N. D., Rejeki, S., Aris, M. R., & Yasin, R. (2019). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 43–52. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v18i1.296
Eisenhardt, K. M. (1989). Agency Theory : An Assessment and Review. Academy of Management Review, 14(1), 57–74.
Fitriya, H., & Yani, E. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Ekonomi Islam (Studi Kasus : Stei Sebi). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 99–130. https://doi.org/10.46899/jeps.v2i1.144
Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0 (Edisi 2, pp. 73–81). Semarang: Universitas Diponegoro.
Harhap, R. S. P. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada Tabungan Mudharabah di Bank Mualmalat Cabang Balai Kota Medan. Jurnal Al-Qasd, 1(1), 21–39.
Ismail. (2011). Perbankan Syariah (Pertama, pp. 83, 95, 98). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembanangan (p. 63). Jakarta: Prenadamedia Group. pustaka- indo.blogspot.com
Kurniawan, M. (2020). Pengaruh Financial Knowledge, Persepsi, Religiusitas Dan Disposible Income Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Pelaku Umkm Di Kecamatan Terbanggi Besar Lampung Tengah). Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 01, 55–67. https://doi.org/10.1253/circj1947.12.11-12_202
Maghfiroh, S. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihat. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(2), 213–222.
Maskur Rosyid, H. S. (2016). Pengetahuan Perbankan Syariah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Menabung Santri dan Guru. Jurnal of Islamic Economics, Business and Finance, 7(2). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Nugraheni, P., & Widyani, F. N. (2020). A study of intention to save in Islamic banks: the perspective of Muslim students. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2019-0233
Putribasutami, cindhy A. (2018). Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Pengetahuan, Dan Sosial Terhadap Keputusan Menabung Di Ponorogo. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(3), 157–172.
Ramadhani, N. Ik., Susyanti, J., & ABS, M. K. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Kota Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, h. 81. www.fe.unisma.ac.idemail:e.jrm.feunisma@gmail.com
Safaruddin Munthe. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada Tabungan Mudharabah Di Bank Muamalat Cabang Balai Kota Medan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(1), 64–74. https://doi.org/10.9744/jak.9.1.pp.18-28
Sari, N. E., Amah, N., & Wirawan, Y. R. (2017). Penerapan prinsip bagi hasil dan pengaruhnya terhadap keputusan menabung pada nasabah bank muamalat kantor cabang madiun. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(2), 60–67.
Sugiarti, I. L., Amelia, E., & Terminanto, A. A. (2020). Factors Affecting Community Interest In Sharia Bank Saving Products (Studies on the Community of South Tangerang City). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(02), 189.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 99, 126, 129). Bandung: Alfabeta.
Tripuspitorini, F. A. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Negeri Bandung Untuk Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 54–69.
Undang-undang No 21 Tahun. (2008). UU_No 21_Tahun 2008.
Wahab, W. (2016). Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 167–184.
Yuliatin. (2020). Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible Income terhadap Minat Menabung Anggota di KBMT Al Ikhlash Lumajang. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1(1), 107–124.
Yumanita, D., & Ascarya. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum. In Bank Indonesia (Vol. 14, Issue 14).http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/bi-dan-publik/kebanksentralan/Documents/14. Bank Syariah Gambaran Umum. pdf
Yusvitasari, A. (2019). Pengaruh Financial Knowledge dan Peran Orang Tua Terhadap Perilaku Menabung Generasi Z Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Mediasi. Artikel Ilmiah

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Putri Ayu Wulandari, N., & Hari Suryaningrum, D. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 10(2), 244–265. https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1227

Issue

Section

Articles