Pengaruh Aplikasi ZPT Air Kelapa dan Pupuk ZA Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.)

Effect of Application of ZPT Coconut Water and ZA Fertilizer on Growth and Production of Shallots (Allium ascalonicum L.)

Authors

  • Oksilia Oksilia Universitas Tamansiswa Palembang
  • Meiman Krisman Penyabar Halawa Universitas Tamansiswa Palembang
  • Syafran Jali Universitas Tamansiswa Palembang
  • Missdiani Muzar Universitas Tamansiswa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.24903/ajip.v11i2.1924

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai penyedap masakan yang produksi terus menurun akibat luasan areal panen yang mengalami degradasi unsr hara akibat penggun

Bawang merah merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai penyedap masakan yang produksi terus menurun akibat luasan areal panen yang mengalami degradasi unsr hara akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan. Untuk itu diperlukan pemupukan tepat dosis dan pemberian zat pengatur tumbuh untuk menambah kualitas lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ZPT air kelapa dan pupuk ZA pada pertumbuhan serta produksi tanaman bawang merah. Penelitian ini dirancang secara Rancangan Acak Kelompok (RAK) factorial dengan 2 faktor yaitu konsentrasi air kelapa (50%, 75%, 100% dan pupuk ZA (200 kgha-1, 400kg ha-1, dan 600 kgha-1)Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian ZPT air kelapa dan pupuk ZA berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman bawang merah. Konsentrasi Air kelapa terbaik yaitu 75% dan pupuk ZA dengan dosis 400 kg ha-1 secara nyata meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, diameter umbi, serta berat basah umbi rumpun-1.

aan pupuk kimia secara berlebihan. Untuk itu diperlukan pemupukan tepat dosis dan pemberian zat pengatur tumbuh untuk menambah kualitas lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ZPT air kelapa dan pupuk ZA pada pertumbuhan serta produksi tanaman bawang merah. Penelitian ini dirancang secara Rancangan Acak Kelompok (RAK) factorial dengan 2 faktor yaitu konsentrasi air kelapa (50%, 75%, 100% dan pupuk ZA (200 kgha-1, 400kg ha-1, dan 600 kgha-1)Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian ZPT air kelapa dan pupuk ZA berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman bawang merah. Konsentrasi Air kelapa terbaik yaitu 75% dan pupuk ZA dengan dosis 400 kg ha-1 secara nyata meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, diameter umbi, serta berat basah umbi rumpun-1.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Oksilia, O., Krisman Penyabar Halawa, M. ., Jali, S., & Muzar, M. (2022). Pengaruh Aplikasi ZPT Air Kelapa dan Pupuk ZA Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.): Effect of Application of ZPT Coconut Water and ZA Fertilizer on Growth and Production of Shallots (Allium ascalonicum L.). Agrifarm: Jurnal Ilmu Pertanian, 11(2), 121–126. https://doi.org/10.24903/ajip.v11i2.1924