Membangun Sumber Daya Manusia Unggul melalui Pendekatan Coaching bagi Guru SD Negeri 20 Suryabumi Agrolanggeng Kabupaten Pali

Authors

  • Susi Handayani Universitas Indo Global Mandiri
  • Fauziah Afriyani Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Emilda Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2981

Keywords:

Strategi Pengembangan SDM, Pendekatan Coaching, Pengembangan Keterampilan Unggul, Kemandirian Individu

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari tridharma juga inti dari misi perguruan tinggi untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat di sekitarnya. Pengabdian  masyarakat melibatkan penerapan pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya akademis untuk memecahkan masalah dunia nyata dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang sekitar kita. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dikolaborasikan kedalam merdeka belajar kampus merdeka serta sesuai dengan kurikulum merdeka belajar dengan materi berhubungan dengan strategi pengembangan sumber daya manusia di era inovasi dan perubahan menuju keunggulan kompetitif membangun sumber daya manusia unggul melalui pendekatan coaching. Pendekatan coaching dimaksudkan sebagai sebuah inisiatif yang sangat bernilai dalam konteks pengembangan sumber daya manusia (SDM) di masyarakat dimana  peserta akan dibantu untuk mengidentifikasi potensi dan mengembangkan keterampilan yang relevan, pendekatan coaching juga tidak hanya tentang pengembangan keterampilan teknis, tetapi juga membantu dalam aspek-aspek seperti kepemimpinan, komunikasi, dan resolusi masalah. Peserta diharapkan dapat belajar untuk mandiri dan terus-menerus mengembangkan diri mereka sendiri setelah program coaching selesai.

 

References

Aini, Z. (2024). Inovasi dalam Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Serta Memperkuat Fondasi Manajemen SDM Unggul di Era Globalisasi. 3.

Aisyah Durrotun Nafisah, Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto, & Siti Nuzulia. (2023). The Impact of Father Involvement in the Early Childhood Problematic Behavior. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17(1), 14–30. https://doi.org/10.21009/jpud.171.02

Burhanuddin, Ibrahim, Saleh, M., Sobry, M., & Syafruddin, A. (2022). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia Implementasi Pemberdayaan Melalui Budidaya Ikan Nila Melalui Ekstensif Plus Masa Pandemi Covid-19 Di Pagesangan Kota Mataram. Jppmi, 1(Februari).

Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Kusumaningtyas, F. (2018). Kedisiplinan Guru dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 1 Sembung, Wedi, Klaten. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1519–1526.

Nurmalina. (2016). Disiplin dan motivasi kerja guru mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jurnal As-Salam, 1(1), 83–95.

Republik Indonesia, P. (2005). UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf (p. 17). https://jdih.usu.ac.id

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Handayani, S., Afriyani, F., & Emilda. (2024). Membangun Sumber Daya Manusia Unggul melalui Pendekatan Coaching bagi Guru SD Negeri 20 Suryabumi Agrolanggeng Kabupaten Pali . Jurnal Abdimas Mahakam, 8(02), 401–405. https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2981

Issue

Section

Articles