Pelatihan Kemampuan Bahasa Prancis Pariwisata bagi Karyawan Candi Ratu Boko

Authors

  • Rohali Universitas Negeri Yogyakarta
  • Tri Kusnawati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2875

Keywords:

Bahassa Prancis, Pelatihan, Ratu Boko, Pariwisata, PPM

Abstract

Candi Ratu Boko Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara termasuk wisatawan Prancis setelahh candi Borobudur dan Prambanan. Sayangnya, sedikit pelaku wisata di sana yang dapat berkomunikasi dengan bahasa Prancis. Wisatawan asing  yang datang dipandu dan dilayani dalam bahasa Inggris. Terkait dengan hal tersebut, Departemen Pendidikan Bahasa Prancsi UNY bekerjasama dengan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko memberikan pelatihan kemampuan bahasa Prancis bagi karyawan di Candi Ratu Boko. Mengingat volume kerja para karyawan yang cukup padat, pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan yang diikuti oleh 31 orang karyawan ini dilaksanakan 5 Mei samapai dengan 8 Juni 2023 dengan 4 orang dosen pengajar dan dibantu  oleh 5 orang mahasiswa sebagai tutor. Teknik pelatihan dilakukan dengan teori dan praktik berbicara dan menulis bahasa Prancis. Materi yang diajarkan meliputi penggunaan bahasa Prancis sehari-hari yang digunakan dalam melayani wisatawan yang berbahasa Prancis. Hasil pelatihan menunjukkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan bahasa Prancis pariwisata karyawan Candi Ratu Boko meningkat dari sebelum pelatihan dan sesudah mereka mengikuti pelatihan. Kedua, pengaruh pelatihan bahasa Prancis pariwisata sangat baik karena dapat meningkatkan pelayanan para karyawan terutama bagi tamu berbahasa Prancis yang datang ke Candi Ratu Boko dan pada akhirnya dapat meningkatkan profesionlisme para karyawan.

References

BAPEDA DIY (2024). Ringkasan APBD. Keuangan.https://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/34-ringkasan-apbd

BPS DIY (2023) Perkembangan Pariwisata D.I. Yogyakarta, Desember 2022 (2023). https://yogyakarta.bps.go.id/pressrelease/2023/02/01/1287/perkembangan-pariwisata-d-i--yogyakarta--desember-2022.html

Çapan, T, S. & Aslım Y.V. (2016). Réduire l’anxiété langagière en production orale: jeux de rôles en FLE. Humanitas, 4(7), 73-102.

Chahi, F, et all (2018) Defi 1. Methode de francais. Paris : Maison des langue.

Hasyim, M., Akhmar, A.M, dan Masdiana, P.K (2018). Pemahaman dan Penggunaan Variasi Bahasa Prancis Bidang Agrowisata Bagi Stakeholder Pariwisata di Makassar Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Kepada Turis Mancanegara. Jurnal Ilmu Budaya, Volume 6, Nomor 2, Desember 2018.

Hermawan, H (2020). Meningkatkan Kompentensi Pengelola Wisata Desa melalui Penyuluhan Pelayanan Prima. Jurnal Abdimas Pariwisata, Vol 1 No 1 Tahun 2020, 1-10.

Laidoudi, A. (2020) « Le jeu théâtral en classe de FLE : vers une méthode théâtrale adaptée au niveau des apprenants », Didactiques Volume 09 N° 03 Juillet – Décembre 2020, pp.123-137.

Lucas D. (2021). Jeu de rôle en classe de FLE : le vécu des apprenants. Sciences de l’Homme et Société. 2021. ffdumas-03611550f.

Marliza, A (2019). Bahasa Prancis untuk Pariwisata Sebuah Analisis Kebutuhan Subjektif dan Objektif Mata Kuliah Bahasa Prancis untuk Mahasiswa S1 Pariwisata. Jurnal Kepariwisataan Volume 13 Nomor 1 Januari 2019 : 31 – 44.

Rohali (2018). The Phonetic Interference: Indonesian into French. International Seminar, ISOLA 4, Kelantan Malaysia.

Sihite, H.Y, Setyanto, H.Y, dan Gervinko (2021). Analisis dan Strategi Pengembangan Kemampuan Bahasa Inggris Pariwisata di SMAN 1 Teluk Sebong Kab. Bintan. Jurnal Konsepsi, Vol. 10, No. 3, November 2021

Trisna, I.N, Iktiarti, E, & Rosita, D (2023). Interferensi bahasa Prancis dalam ujaran bahasa Indonesia pada penutur asli bahasa Prancis di kanal YouTube Indra Sasak. Franconesia, Vol. 2, No. 2, 2023, 25 – 34.

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Rohali, & Kusnawati, T. (2024). Pelatihan Kemampuan Bahasa Prancis Pariwisata bagi Karyawan Candi Ratu Boko. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(02), 319–327. https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2875

Issue

Section

Articles