Peningkatan Pengetahuan Masyarakat di Lampung mengenai Dampak Positip dan Negatif Penggunaan Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2617Keywords:
Akademisi, Masyarakat, Society 5.0, KesejahteraanAbstract
Era Society 5.0 menandai transisi menuju masyarakat yang berfokus pada integrasi teknologi
canggih untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Dalam era ini, kolaborasi antara
akademisi dan masyarakat menjadi kunci untuk mencapai kesejahteraan bersama. Kegiatan
pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi sinergi antara
akademisi dan masyarakat dalam menciptakan solusi berkelanjutan untuk tantangan kompleks
di era Society 5.0. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi tiga tahapan yakni
perencanaan, pelaksanan, dan evaluasi. Kegiatan disampaikan dengan metode ceramah dan
diskusi bersama setelah dilakukan ceramah. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa kolaborasi
aktif antara akademisi dan masyarakat memungkinkan pertukaran pengetahuan, keahlian, dan
sumber daya untuk menciptakan inovasi yang memenuhi kebutuhan masyarakat. Inisiatif
seperti program pengabdian masyarakat dan proyek kolaboratif memainkan peran kunci dalam
membangun hubungan yang saling menguntungkan antara akademisi dan masyarakat.
Pentingnya memahami kebutuhan dan aspirasi masyarakat lokal dalam proses pengembangan
solusi juga menjadi sorotan dari penelitian ini. Dengan melibatkan masyarakat dalam tahap
perencanaan dan implementasi, solusi yang dihasilkan memiliki dampak positif yang lebih
besar. Kegiatan ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang bagaimana
membangun sinergi yang efektif antara akademisi dan masyarakat di era Society 5.0. Temuan
ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan strategi dan kebijakan yang mendukung
kolaborasi yang berkelanjutan dalam rangka mencapai kesejahteraan bersama.
References
Andrias Dwimahendrawan, N. A. S. (2021). Peran Akademisi, Business, Dan Pemerintah
Dalam Mengembangkan Desa Wisata Batik Berbasis Inovasi Produk Di Kabupaten
Banyuwangi. Majalah Ilmiah “DIAN ILMU,” 21(1), 25–39.
Arini Dwi Cahyani, Wiwin Yulianingsih, M. R. (2022). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik
dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054–1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1130
Fitriani, A. P. (2022). Peran Akuntan Syariah Dalam Menghadapi Society 5.0 Pada Era Vuca
Ajeng. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(1), 73–86.
Indrayanti, W. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat di
Provinsi Riau. Jurnal Ecodemica, 4(2), 1–9.
Jepri, A. (2019). Strategi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam upaya mewujudkan
kemandirian ekonomi melalui bumdes program pasar desa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan
IlmuPolitik, 8(4), 303–310.
Lilis Madyawati, Marhumah, A. R. (2021). Urgensi Nilai Agama Pada Moral Anak di Era
Society 5.0. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(2), 132–143.
Mery, Martono, Siti Halidjah, A. H. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.
Mulia, R. A., & Saputra, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan
Masyarakat Kota Padang. Jurnal El-Riyasah, 11(1), 67–83.
Mulyadi, Septa Diana Nabella, I. M. (2022). Sinergitas Akademisi Dalam Pencegahan Covid19 Di Panti Asuhan Nujumul Huda Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 6–10.
Ni Nyoman Lisna Handayani, N. K. E. M. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era
Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP
Palangka Raya, 1–14.
Palinggi, S., Palelleng, S., Allolinggi, L. R., Bandung, I. T., Kristen, U., & Toraja, I. (2020).
Peningkatan Rasio Kejahatan Cyber Dengan Pola Interaksi Sosio Engineering Pada
Periode Akhir Era Society 4.0 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(10), 145–
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era
Society. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.
Raihan, S., Makassar, U. N., & Yogyakarta, U. N. (2020). Pendekatan Heutagogi Dalam
Pembelajaran Di Era Society. JURNAL ILMU PENDIDIKAN(JIP), 1(2), 152–159.
Sari, E. P. (2016). Upaya Pemberdayaan Komunitas Melalui Sinergi Kader Posyandu Dan
Psikolog Puskesmas. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 04(01), 53–61.
Sikwan, A., Bayuardi, G., & Listiani, E. I. (2020). Keterlibatan Akademisi Dalam Menanggulangi Dampak Covid-19 Terhadap Masyarakat Melalui Aksi Berbagi Sembako.
JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 6–7.
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5 . 0. Sagacious Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 24–35.
Sukmasari, D. (2020). Konsep Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektir Al Qur’an. ATTIBYAN Journal Of Qur’an and Hadis Studies, 3(1), 1–16.
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia
dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0 Menuju Era Society 5 . 0. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394.
Wawan Oktriawan, Adriansah, S. A. (2022). Kesejahteraan Masyarakat di Desa Campakasari
Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta. Muttaqien, 3(1), 1–14.
Wika Undari, A. S. L. (2021). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam
Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial
Humaniora, 6(1), 32–38.
William Ramdhan, Nofriadi, D. (2021). Masyarakat Bijak Dalam Memanfaatkan Sosial Media
Di Era Society 5.0. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 159–
Yusnita, M., & Wibawa, P. (2020). Menakar Peran Pemerintah Dan Akademisi Terhadap
Pengembangan UMKM. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(1), 60–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 yuniarsari Yuniar Sari, Ridwansyah, Erike Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.