Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di Era Society 5.0 melalui Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2616Keywords:
Akademisi, Pemberdayaan Masyarakat, Society 5.0, PendidikanAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan informasi dasar kepada masyarakat di Lampung tentang pentingnya pendidikan di Era Society 5.0. Urgensi dalam kegiatan ini yaitu masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang pentingnya pendidikan. Peran akademisi dalam kegiatan ini memberikan informasi tentang pendidikan dan berkeinginan untuk sosialisasikan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran pentingnya pendidikan. Dalam kegiatan ini menggunakan metode yang meliputi beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanan dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023 secara dalam jaringan (daring) atau online melalui aplikasi Google Meet disampaikan dengan metode ceramah dan diskusi bersama setelah dilakukan ceramah. Peserta dalam kegiatan ini adalah masyarakat di provinsi Lampung berjumlah 31 peserta yang terdiri dari pria dan wanita. Adapun kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari. Hasil dari kegiatan ini yaitu mampu memberikan tambahan pengetahuan bagi Masyarakat Lampung tentang pentingnya pendidikan di era Society 5.0.
References
Andrias Dwimahendrawan, N. A. S. (2021). Peran Akademisi, Business, Dan Pemerintah
Dalam Mengembangkan Desa Wisata Batik Berbasis Inovasi Produk Di Kabupaten
Banyuwangi. Majalah Ilmiah “DIAN ILMU,” 21(1), 25–39.
Anta, I. M. N. (2020). Evaluasi Pada Pembelajaran Era Society 5.0. CV Media Sains
Indonesia.
Arini Dwi Cahyani, Wiwin Yulianingsih, M. R. (2022). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik
dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054–1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1130
Fitriani, A. P. (2022). Peran Akuntan Syariah Dalam Menghadapi Society 5.0 Pada Era Vuca
Ajeng. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(1), 73–86.
Jepri, A. (2019). Strategi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam upaya mewujudkan
kemandirian ekonomi melalui bumdes program pasar desa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan
IlmuPolitik, 8(4), 303–310.
Laksono, B. A., & Rohmah, N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Sosial
Dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal Volume, 14(1), 1–11.
Lilis Madyawati, Marhumah, A. R. (2021). Urgensi Nilai Agama Pada Moral Anak di Era
Society 5.0. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(2), 132–143.
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan
Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo
Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50.
Margayaningsih, D. I. (2019). Peran Masyarakat Dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat
Di Desa. Publiciana, 11(1), 72–88.
Mery, Martono, Siti Halidjah, A. H. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.
Mulyadi, Septa Diana Nabella, I. M. (2022). Sinergitas Akademisi Dalam Pencegahan Covid19 Di Panti Asuhan Nujumul Huda Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 6–10.
Ni Nyoman Lisna Handayani, N. K. E. M. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era
Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP
Palangka Raya, 1–14.
Palinggi, S., Palelleng, S., Allolinggi, L. R., Bandung, I. T., Kristen, U., & Toraja, I. (2020).
Peningkatan Rasio Kejahatan Cyber Dengan Pola Interaksi Sosio Engineering Pada
Periode Akhir Era Society 4.0 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(10), 145–
Patilaiya, H. La, & Rahman, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan
Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat.
Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat LPIP UMP, 2(2), 251–258.
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era
Society. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.
Raihan, S., Makassar, U. N., & Yogyakarta, U. N. (2020). Pendekatan Heutagogi Dalam
Pembelajaran Di Era Society. JURNAL ILMU PENDIDIKAN(JIP), 1(2), 152–159.
Sari, E. P. (2016). Upaya Pemberdayaan Komunitas Melalui Sinergi Kader Posyandu Dan
Psikolog Puskesmas. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 04(01), 53–61.
Sikwan, A., Bayuardi, G., & Listiani, E. I. (2020). Keterlibatan Akademisi Dalam
Menanggulangi Dampak Covid-19 Terhadap Masyarakat Melalui Aksi Berbagi Sembako.
JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 6–7.
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5 . 0. Sagacious Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 24–35.
Sukmasari, D. (2020). Konsep Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektir Al Qur’an. ATTIBYAN Journal Of Qur’an and Hadis Studies, 3(1), 1–16.
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia
dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0 Menuju Era Society 5 . 0. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394.
Wawan Oktriawan, Adriansah, S. A. (2022). Kesejahteraan Masyarakat di Desa Campakasari
Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta. Muttaqien, 3(1), 1–14.
Wika Undari, A. S. L. (2021). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam
Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial
Humaniora, 6(1), 32–38.
William Ramdhan, Nofriadi, D. (2021). Masyarakat Bijak Dalam Memanfaatkan Sosial Media
Di Era Society 5.0. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 159–
Yusnita, M., & Wibawa, P. (2020). Menakar Peran Pemerintah Dan Akademisi Terhadap
Pengembangan UMKM. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(1), 60–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febrianmp Febrian Maulana Putra, Syamsul Hilal, Hanif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.