Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di Era Society 5.0 melalui Pendidikan

Authors

  • Febrian Maulana Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Syamsul Hilal Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Hanif Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2616

Keywords:

Akademisi, Pemberdayaan Masyarakat, Society 5.0, Pendidikan

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan informasi dasar kepada masyarakat di Lampung tentang pentingnya pendidikan di Era Society 5.0. Urgensi dalam kegiatan ini yaitu masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang pentingnya pendidikan. Peran akademisi dalam kegiatan ini memberikan informasi tentang pendidikan dan berkeinginan untuk sosialisasikan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran pentingnya pendidikan. Dalam kegiatan ini menggunakan metode yang meliputi beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanan dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023 secara dalam jaringan (daring) atau online melalui aplikasi Google Meet disampaikan  dengan  metode ceramah dan diskusi bersama setelah dilakukan ceramah.  Peserta dalam kegiatan ini adalah masyarakat di provinsi Lampung berjumlah 31 peserta yang terdiri dari pria dan wanita. Adapun kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari. Hasil dari kegiatan ini yaitu mampu memberikan tambahan pengetahuan bagi Masyarakat Lampung tentang pentingnya pendidikan di era Society 5.0.

References

Andrias Dwimahendrawan, N. A. S. (2021). Peran Akademisi, Business, Dan Pemerintah

Dalam Mengembangkan Desa Wisata Batik Berbasis Inovasi Produk Di Kabupaten

Banyuwangi. Majalah Ilmiah “DIAN ILMU,” 21(1), 25–39.

Anta, I. M. N. (2020). Evaluasi Pada Pembelajaran Era Society 5.0. CV Media Sains

Indonesia.

Arini Dwi Cahyani, Wiwin Yulianingsih, M. R. (2022). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik

dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054–1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1130

Fitriani, A. P. (2022). Peran Akuntan Syariah Dalam Menghadapi Society 5.0 Pada Era Vuca

Ajeng. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(1), 73–86.

Jepri, A. (2019). Strategi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam upaya mewujudkan

kemandirian ekonomi melalui bumdes program pasar desa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan

IlmuPolitik, 8(4), 303–310.

Laksono, B. A., & Rohmah, N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Sosial

Dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal Volume, 14(1), 1–11.

Lilis Madyawati, Marhumah, A. R. (2021). Urgensi Nilai Agama Pada Moral Anak di Era

Society 5.0. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(2), 132–143.

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan

Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo

Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50.

Margayaningsih, D. I. (2019). Peran Masyarakat Dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Di Desa. Publiciana, 11(1), 72–88.

Mery, Martono, Siti Halidjah, A. H. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan

Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.

Mulyadi, Septa Diana Nabella, I. M. (2022). Sinergitas Akademisi Dalam Pencegahan Covid19 Di Panti Asuhan Nujumul Huda Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 6–10.

Ni Nyoman Lisna Handayani, N. K. E. M. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era

Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP

Palangka Raya, 1–14.

Palinggi, S., Palelleng, S., Allolinggi, L. R., Bandung, I. T., Kristen, U., & Toraja, I. (2020).

Peningkatan Rasio Kejahatan Cyber Dengan Pola Interaksi Sosio Engineering Pada

Periode Akhir Era Society 4.0 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(10), 145–

Patilaiya, H. La, & Rahman, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan

Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat.

Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat LPIP UMP, 2(2), 251–258.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era

Society. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Raihan, S., Makassar, U. N., & Yogyakarta, U. N. (2020). Pendekatan Heutagogi Dalam

Pembelajaran Di Era Society. JURNAL ILMU PENDIDIKAN(JIP), 1(2), 152–159.

Sari, E. P. (2016). Upaya Pemberdayaan Komunitas Melalui Sinergi Kader Posyandu Dan

Psikolog Puskesmas. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 04(01), 53–61.

Sikwan, A., Bayuardi, G., & Listiani, E. I. (2020). Keterlibatan Akademisi Dalam

Menanggulangi Dampak Covid-19 Terhadap Masyarakat Melalui Aksi Berbagi Sembako.

JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 6–7.

Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5 . 0. Sagacious Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 24–35.

Sukmasari, D. (2020). Konsep Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektir Al Qur’an. ATTIBYAN Journal Of Qur’an and Hadis Studies, 3(1), 1–16.

Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia

dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0 Menuju Era Society 5 . 0. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394.

Wawan Oktriawan, Adriansah, S. A. (2022). Kesejahteraan Masyarakat di Desa Campakasari

Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta. Muttaqien, 3(1), 1–14.

Wika Undari, A. S. L. (2021). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial

Humaniora, 6(1), 32–38.

William Ramdhan, Nofriadi, D. (2021). Masyarakat Bijak Dalam Memanfaatkan Sosial Media

Di Era Society 5.0. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 159–

Yusnita, M., & Wibawa, P. (2020). Menakar Peran Pemerintah Dan Akademisi Terhadap

Pengembangan UMKM. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(1), 60–70.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Putra, F. M., Hilal, S., & Hanif. (2024). Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di Era Society 5.0 melalui Pendidikan. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 204–218. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2616

Issue

Section

Articles