Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia bagi Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak melalui Praktikum Kimia

Authors

  • Rita Hairani Jurusan Kimia FMIPA Universitas Mulawarman
  • Soerja Koesnarpadi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Mulawarman
  • Teguh Wirawan Jurusan Kimia FMIPA Universitas Mulawarman
  • Ritbey Ruga Jurusan Kimia FMIPA Universitas Mulawarman
  • Tri Edi Ersanto Jurusan Kimia FMIPA Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2595

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Praktikum Kimia, SMA Negeri 1 Muara Badak

Abstract

Tersedianya sarana dan prasarana di tingkat sekolah menengah atas (SMA) untuk melaksanakan praktikum kimia berupa laboratorium serta alat dan bahan praktikum kimia sangatlah penting terhadap peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa. SMA Negeri 1 Muara Badak merupakan salah satu SMA yang berada di kecamatan Muara Badak Kalimantan Timur dan memiliki sarana laboratorium untuk melakukan praktikum. Namun kegiatan praktikum kimia terkendala untuk rutin dilaksanakan yang dikarenakan kurang memadainya alat dan bahan praktikum di sekolah tersebut. Sehubungan dengan kendala yang dihadapi dan sebagai upaya implementasi salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, maka tim dosen Jurusan Kimia FMIPA Universitas Mulawarman pada 5 Juni 2023 berinisiatif untuk melakukan pendampingan praktikum kimia dan juga menyediakan alat dan bahan praktikum kimia yang dapat dilaksanakan di sekolah tersebut. Kegiatan ini juga diparalelkan dengan penyampaian materi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di laboratorium oleh pihak PT. Global Environment Laboratory (PT. GEL) Samarinda yang merupakan mitra kerjasama. Pada kegiatan ini, pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket pre-test dan post-test yang disebarkan ke 30 siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Hasil analisis terhadap jawaban angket pre-test menunjukkan bahwa sekitar 71% siswa setuju bahwa kimia adalah subjek yang menarik dan 72% siswa setuju bahwa kimia berguna untuk memahami fenomena sehari-hari. Selanjutnya, berdasarkan analisis data angket post-test menunjukkan bahwa sebagian besar siswa setuju dengan uraian yang dijabarkan di angket. Secara keseluruhan hasil analisis angket-angket tersebut menunjukkan bahwa kegiatan yang telah dilakukan memiliki dampak yang cukup baik bagi siswa SMA Negeri 1 Muara Badak dalam hal motivasi belajar terhadap pembelajaran kimia melalui metode praktikum.

References

Arif, S. (2016). Desain Pedoman Praktikum Kimia Yang Berorientasi Keterampilan. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 71 – 82.

Bahriah, E. S., Abadi, S. M. (2016). Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Melalui Metode Praktikum. EduChemia, 1(1), 86 – 97.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(10), 83 – 92.

Nuha, D. F., Haryono, Mulyani, B. (2016). Kontribusi Laboratorium Terhadap Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 82 – 88.

Sawuwu, B. Y. (2017). Problems In The Indonesian Chemistry Laboratory Classes. Proceeding: The 2nd International Seminar on Chemical Education (pp. 371 – 381). ISBN: 978-602-73192-1-9.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Hairani, R., Koesnarpadi, S., Wirawan, T., Ruga, R., & Ersanto, T. E. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia bagi Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak melalui Praktikum Kimia. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(02), 464–471. https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2595

Issue

Section

Articles