Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Islam Khaira Ummah Padang
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2486Keywords:
Pendampingan, Implementasi Kurikulum Merdeka, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada guru SMP Islam Khaira Ummah tentang implementasi kurikulum merdeka. Sasaran dari kegiatan in adalah guru aktif mengajar di Sekolah Menengah Pertama Islam Khaira Ummah. Kegiatan ini di awali dengan observasi dan wawancara denga kepala sekolah serta guru. Setelah itu merembukkan jadwal pelaksanaa kegiatan pemberian pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di seoklah tersebut. Pelatihan dilakukan dengan mendatangkan fasilitator Implementasi Kurikulum Merdeka dari kementrian dan sebagai pesertanya adalah guru SMP Islam Khaira Ummah Padang. Kegiatan dilakukan secara bertahap, yaitu pertemuan 1, kedua dan ketiga. Setelah dilakukan evaluasi diperoleh informasi bahwa para gur di SMP Islam Khaira Ummah mengalami peningkatan pemahaman terkait penerapan kurikulumm Merdeka.
References
Anderson, L. W., Krathwol, D. R., Airasian, K. P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl -A taxonomy for learning teaching and assessing.pdf
Angga, Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” Jurnal Basicedu 6(4):5877–89. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3149.
Arifin, Zaenal, and Muhamad Rizaldy. 2023. “Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Sarjanawiyata Tamansiswa Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal.” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 5(1):168–84.
Ariga, Selamat. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):662–70.
Arisanti, Dewa Ayu Kade. 2022. “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 8(02):243–50. doi: 10.25078/jpm.v8i02.1386.
Fitriyah, Chumi Zahroul, and Rizki Putri Wardani. 2022. “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12(3):236–43. doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.
M, H., B A, M. P., & Karyanto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Metode Eksperimen the Improve Ability to Think Critically through the Experimental Method. Proceeding Biology Education Conferens, 16(Kartimi), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412
Munawar, Muniroh. 2022. “Penguatan Komite Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1):65–72. doi: 10.35878/tintaemas.v1i1.390.
Sefriani, Rini, and Rina Sepriana. 2020. “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology Pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan.” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 2(1):8–14.
Sefriani, Rini, Rina Sepriana, Indra Wijaya, Universitas Putra, and Indonesia Yptk. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Efektivitas Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19.” 3(6):4731–37.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang 1 (2003). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 rini sefriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.