Pencegahan Trichomoniasis melalui Edukasi Kesehatan Organ Kewanitaan dan Pemeriksaan Urin di SMK BIM PPMU Mojosari

Authors

  • Acivrida Mega Charisma Universitas Anwar Medika
  • Yohanes Ardian Kapri Negara Universitas Anwar Medika
  • Farida Anwari Universitas Anwar Medika

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2417

Keywords:

Trichomonas vaginalis, Trichomoniasis, kebersihan, kewanitaan

Abstract

Gaya hidup perilaku remaja yang kurang  baik dapat berpengaruh terhadap kesehatan terutama kebersihan daerah kewanitaan karena dapat terinfeksi salah satunya Trichomonas vaginalis. Trikomoniasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh protozoa Thricomonas vaginalis dan merupakan infeksi menular seksual non-virus paling umum ditemukan diseluruh dunia. Kegiatan ini dilaksanakan bulan Agustus dan sebanyak dua kali. Sampel dari kegiatan ini yaitu siswi SMK BIM PPMU Mojosari sebanyak 15 orang. Adapun metode dalam kegiatan ini yaitu ceramah dan pemeriksaan urine. Hasil kegiatan ini yaitu sebanyak 46,67% responden diikuti oleh berumur 15 tahun; 80% responden memiliki perilaku menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan baik; 53,3% responden mengerti cara membasuh organ kewanitaan; 66,67% responden memiliki perilaku menjaga kesehatan organ kewanitaan dengan baik sehingga hasil pemeriksaan urine tidak ditemukan adanya Trichomonas vaginalis sebanyak 100%. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu sebagian besar siswi SMK BIM PPMU memiliki pola hidup dalam menjaga kebesihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan baik sehingga dalam tidak ditemukan adanya infeksi parasit tersebut.

References

Mokodongan, M. H., Wantania, J., & Wagey, F. (2015). Hubungan tingkat pengetahuan tentang keputihan dengan perilaku pencegahan keputihan pada remaja putri. E-CliniC, 3(1).

Muliani, M., Widianti, I. G. A., Wardana, N. G., Yuliana, Y., & Karmaya, M. (2017). Tahap pertumbuhan dan perkembangan tanda-tanda seks sekunder remaja SMPN 4 Bangli, Desa Pengotan, Kecamatan Bangli. Medicina, 48(2), 75–82.

Petimatuyaroh, P. (2016). Identifikasi Trichomonas Vaginalis Pada Sampel Urin Penyebab Keputihan Pada Remaja (Studi Di D3 Analis Kesehatan Stikes Icme Jombang). STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

Sekar, P. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Vulva Hygiene Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Remaja Putri Yang Mengalami Keputihan Di Pondok Pesantren Al-Izzah Demak. Karya Ilmiah.

Setiani, T. I., Prabowo, T., & Paramita, D. P. (2015). Kebersihan organ kewanitaan dan kejadian keputihan patologi pada santriwati di Pondok Pesantren Al Munawwir Yogyakarta. JNKI (Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia)(Indonesian Journal of Nursing and Midwifery), 3(1), 39–42.

Yanti, H. F. (2018). Pengetahuan vulva hygiene dan kejadian keputihan pada remaja putri. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(2), 191–197.

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Charisma, A. M., Negara, Y. A. K., & Anwari, F. (2024). Pencegahan Trichomoniasis melalui Edukasi Kesehatan Organ Kewanitaan dan Pemeriksaan Urin di SMK BIM PPMU Mojosari . Jurnal Abdimas Mahakam, 8(02), 302–308. https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2417

Issue

Section

Articles