Pelatihan Peningkatan Keterampilan Bidan dalam Pemasangan KB IUD dengan menggunakan Teknologi Virtual Reality
Keywords:
keterampilan; bidan; iud; virtual reality.Abstract
Total Fertility Rate (TFR) di Propinsi NTB sebesar 2,8 anak, lebih tinggi jika dibandingkan dengan target nasional yaitu sebesar 2,36 anak. Program penguatan kapasitas tenaga untuk pelayanan KB dilakukan dengan berbagai macam pelatihan.Salah satunya adalah program CTU (Contraseptive Update) untuk tenaga bidan.Dalam pelatihan ini tenaga kesehatan khususnya bidan diberikan pelatihan untuk memberikan pelayanan alat kontrasepsi berupa implant dan IUD, namun pelatihan ini masih konvensional yaitu dengan metode ceramah tanya jawab, demonstrasi dan pratikum yang membutuhkan waktu serta tenaga professional.Teknologi VR di sekolah maupun bidang edukasi lainnya diharapkan dapat memotivasi belajar siswa dan meningkatkan pengalaman belajar. Pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan bidan dalam pemasangan KB IUD.
References
Allison, D., & Hodges, L. F. (2000). Virtual reality for education? Proceedings of the ACM Symposium on Virtual Reality Software and Technology, VRST, Part F1291, 160–165. https://doi.org/10.1145/502390.502420
Gillies, M., & ’Sylvia Pan’, X. (2019). Virtual reality for social skills training. Proceedings of the Virtual and Augmented Reality to Enhance Learning and Teaching in Higher Education Conference 2018, 83–92. https://doi.org/10.1255/vrar2018.ch9
Hooper, J., Tsiridis, E., Feng, J. E., Schwarzkopf, R., Waren, D., Long, W. J., … Collins, M. (2019). Virtual Reality Simulation Facilitates Resident Training in Total Hip Arthroplasty: A Randomized Controlled Trial. Journal of Arthroplasty, 34(10), 2278–2283. https://doi.org/10.1016/j.arth.2019.04.002
Ignite, T. (2018). 2018 Education and Training Ignite the Market.
Kandalaft, M. R., Didehbani, N., Krawczyk, D. C., Allen, T. T., & Chapman, S. B. (2013). Virtual reality social cognition training for young adults with high-functioning autism. Journal of Autism and Developmental Disorders, 43(1), 34–44. https://doi.org/10.1007/s10803-012-1544-6
Kemenkes RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2017. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 1). https://doi.org/10.1002/qj
Kementerian Kesehatan RI. (2017). Pemasangan AKDR Matrikulasi Calon Peserta Didik PPDS Obstetri dan Ginekologi. Retrieved from http://edunakes.bppsdmk.kemkes.go.id/images/pdf/Obsgin_4_Juni_2014/panduan/Pemasangan AKDR.pdf
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). 44(8), 1–200. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Kementrian Kesehatan RI. (2017). Infodatin KB Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI (1st ed.). Jakarta.
Khan, R., Plahouras, J., Johnston, B. C., Scaffidi, M. A., Grover, S. C., & Walsh, C. M. (2018). Virtual reality simulation training for health professions trainees in gastrointestinal endoscopy. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2018(8). https://doi.org/10.1002/14651858.CD008237.pub3
Mahmood, T., Scaffidi, M. A., Khan, R., & Grover, S. C. (2018). Virtual reality simulation in endoscopy training: Current evidence and future directions. World Journal of Gastroenterology, 24(48), 5439–5445. https://doi.org/10.3748/wjg.v24.i48.5439
Mekacher, D. L. (2019). Augmented Reality (Ar) and Virtual Reality (Vr): the Future of Interactive Vocational Education and Training for People With Handicap. PUPIL: International Journal of Teaching, Education and Learning, 3(1), 118–129. https://doi.org/10.20319/pijtel.2019.31.118129
NTB, profil kesehatan. (2016). Profil kesehatan Provinsi NTB Tahun 2016.
Rachman, A., Informasi, J. S., Informasi, F. T., Informatika, J. T., & Informasi, F. T. (2017). Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality Pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 3(1), 37–44.
Ratnasari, E. (2016). Analisis Input Program Kelompok Pendukung Ibu (KP-Ibu) sebagai Upaya Meningkatkan ASI Eksklusif di Desa Kedunguter, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.
Smith, S., & Ericson, Æ. E. (2009). Using immersive game-based virtual reality to teach fire-safety skills to children. 87–99. https://doi.org/10.1007/s10055-009-0113-6
Sunarni, T., & Budiarto, D. (2014). Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR). Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (SEMANTIK) 2014, 2014(November), 179–184.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.