OPTIMALISISASI LAHAN DENGAN INTEGRASI PADI DAN IKAN DALAM SISTEM MINA PADI DI DESA TANJUNG BUKA SP6B SALIMBATU

Authors

  • GAFRIELA PARESA ISAK PARESA UNIVERSITAS KALTARA
  • MARLAN USMANI PUTRA UNIVERSITAS KALTARA
  • TATI HARIYATI TATI HARIYATI S.P.,M.P. UNIVERSITAS KALTARA

Keywords:

Sosialisasi, Sistem Mina Padi, Lahan Pasang Surut

Abstract

Desa Tanjung Buka SP6B Salimbatu, sebagai daerah transmigrasi dengan lahan pasang surut , menghadapi tantangan dalam optimalisasi pertanian. Sistem Mina Padi, yang mengintegrasikan padi dan ikan diusulkan sebagai solusi inovatif. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan manfaatnya, seperti peningkatan produktivitas dan efisiensi lahan, serta memberikan panduan teknis bagi petani. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa padi perlu ditanam terlebih dahulu untuk mempersiapkan lahan dan melindungi ikan. Ikan Nila dan Lele diidentifikasi sebagai pilihan terbaik karena kemampuannya beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang bervariasi. Untuk mendukung penerapan sistem mina padi disarankan  demonstrasi  lapangan,  pelatihan  teknis  lanjutan  dan  pembangunan  plot  percontohan.

langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani di Desa Tanjung Buka SP6B Salimbatu.

 

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

ISAK PARESA, G. P., PUTRA, M. . U., & TATI HARIYATI S.P.,M.P., T. H. (2024). OPTIMALISISASI LAHAN DENGAN INTEGRASI PADI DAN IKAN DALAM SISTEM MINA PADI DI DESA TANJUNG BUKA SP6B SALIMBATU. Jurnal Anggrek Hitam, 1(2), 36–39. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasanggrekhitam/article/view/2998

Issue

Section

Artikel