DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI TIONGKOK

  • Refinalditya Devatra Brilianto University of Muhammadiyah Malang
  • Yana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti
  • Mellania

Abstract

Memasuki awal tahun 2020, dunia diguncang oleh wabah Virus Corona (COVID-19). Wabah ini pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019, yang merupakan kawasan industri utama dengan jumlah penduduk hingga 56 juta orang. Akibat wabah virus corona, pemerintah Tiongkok mengunci kawasan tersebut dan menyebabkan stabilitas ekonomi Tiongkok yang menduduki terbesar kedua langsung terganggu dikarenakan wabah COVID-19. Kurangnya investasi kepada Tiongkok sangat mempengaruhi GDP mereka.

Tujuan dari jurnal ini adalah melihat apa saja dampak kerugian ekonomi yang dialami Tiongkok akibad COVID-19 dengan menggunakan menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari studi pustaka, sumber dokumen dan riset media. Serta menghubungkan fenomena tersebut menggunakan Teori Model Pertumbuhan Ekonomi Harrod-Domar. Menurut Harrod dan Domar bahwa keberhasilan pembangunan dari faktor internal dipengaruhi oleh modal dan investasi.

Kata kunci: COVID-19, Investasi, Pertumbuhan Ekonomi, Tiongkok

Published
2020-11-30
How to Cite
Brilianto, R. D., Dwifa, Y., Maulidina, S. R., & Fera, M. Y. (2020). DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI TIONGKOK. FisiPublik : Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 5(2), 1-16. https://doi.org/10.24903/fpb.v5i2.900
Section
Articles