Strategi Promosi Pada Perusahaan Roti Durian Panglima Samarinda Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau Dari Ekonomi Islam

  • Lamtana Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Abstract

Perkembangan lapangan usaha seakan-akan memaksa para penggiat ekonomi terutama para pengusaha seperti mengikuti lomba lari harus cepat dan tepat waktu dalam mengembangkan usahanya kalau tidak maka akan tertinggal dari para pegusaha yang lainnya, iklim usaha dagang yang semakin hari persaingannya semakin intens dan kontras, hal demikian terlihat dengan banyak sekali perusahaan yang didirikan oleh pemerintah maupun swasta, perusahaan skala besar, menengah maupun perusahaan mikro kecil, situasi yang demikian baik langsung maupun secara tidak langsung tentu bisa mempengaruhi kesinambungan usaha yang diretas oleh para pekerja yang ada didalam perusahaan tersebut. Untuk memudahkan dalam memasarkan produk pengusaha hendaknya lebih pro-aktif dan berinovasi dalam menghadapi saingan usaha.
Dalam ajaran Islam hendaknya didalam menginformasikan atau menyampaikan semua, objek terhadap warga masyarakat mesti dengan kebenaran dan keterbukaan dengan sebenarnya, sebab demikian itu akan membuat perasaan menjadi tenang karena tidak ada yang disembunyikan, masyarakat juga pastinya akan merasa puas dan meningkatkan kepercayaannya terhadap apa yang kita sampaikan, kaitannya dalam usaha mempromosikan produk yang akan dijual. Promosi ialah satu sarana maupun kegiatan menginformasikan atau mempublikasikan usaha juga produk barang/jasa kepada calon pembeli atau konsumen, dengan bermacam ragam yang bisa menarik perhatian pembeli harapan akan meningkatnya kuantitas penjualan. Agar kualitas produksi bisa terjaga dengan baik dan handal, sangat memerlukan manajemen kerja yang profesional guna mendatangkan kesejahteraan bagi belbagai aspek. Pastinya yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam dan sesuai dengan Syari’ah.
Roti Durian Panglima adalah salah satu perusahaan yang berada di kota Samarinda. Lokasi perusahaan ini berada di jalan Ir. Juanda No. 1. Lokasi sangat strategis karena berada di pinggir jalan raya yang mudah dijangkau oleh konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi promosi pada usaha Roti Durian Panglima Samarinda dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari Ekonomi Islam. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey terhadap pelaku usaha Roti Durian Panglima Samarinda. Pengusaha melakukan promosi dengan jujur, tidak pernah berbohong.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Persaingan, Ekonomi Islam

Published
2020-09-24
How to Cite
Lamtana. (2020). Strategi Promosi Pada Perusahaan Roti Durian Panglima Samarinda Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau Dari Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 9(2), 1-10. https://doi.org/10.24903/je.v9i2.995
Section
Articles