PENGARUH ALOKASI DANA APBN DAN APBD SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PDRB DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Erni Setiawati Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Siti Rohmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Jufenli Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Nurul Qolbiy Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Nurulia Dwi Irsalina Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/je.v9i2.982

Keywords:

Analisis Path, APBN, APBD, PDRB

Abstract

Pengaruh Alokasi Dana APBN dan APBD Sektor Pertanian Terhadap PDRB Dan Penyerapan Tenaga Kerja Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini berdasarkan pada Teori Ekonomi Makro tentang Produk Domestik Bruto (PDRB).

Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh alokasi dana APBN dan APBD Sektor Pertanian terhadap PDRB dan dampaknya terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertanian di Provinsi Kalimantan Timur. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan Model Analisis Jalur (Analyis Path). Model persamaan Regresinya menggunakan model persamaan dua jalur.

Substruktur 1 :  Y1  =  ρY1X1  +  ρY1X2  + e1

Substruktur 2 :  Y2  =  ρY2X1  +  ρY2X2  + ρY2Y1 + e2

Di mana variabel PDRB (Y1) dan jumlah tenaga kerja yang terserap pada sektor pertanian (Y2) sebagai dependent variable, sedangkan alokasi dana APBN (X1) dan alokasi dana APBD (X2) sebagai independent variable atau disebut juga predictor (variabel penjelas).

Hasil penelitian setelah diuji baik secara uji signifikasi maupun uji simultan dan parsial bahwa antara alokasi dana APBN (X1), alokasi dana APBD (X2) dan nilai PDRB (Y1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian (Y2)

 

Kata kunci: Analisis Path, APBN, APBD, PDRB

Downloads

Published

2020-09-24

How to Cite

Setiawati, E., Rohmah, S., Jufenli, Qolbiy, N., & Dwi Irsalina, N. (2020). PENGARUH ALOKASI DANA APBN DAN APBD SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PDRB DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 9(2), 1–10. https://doi.org/10.24903/je.v9i2.982

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>