Analisis Kontribusi Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Samarinda

  • DEVY PUTRI MILANDA UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA
  • GREGORIUS GREGORIUS UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA
Abstract views: 76 , PDF downloads: 57
Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Pajak Reklame, Kontribusi Pajak Reklame

Abstract

     Pendapatan Asli Daerah adalah realisasi jumlah penerimaan pajak dan non pajak di Kota Samarinda dari tahun 2012 sampai 2016. Pajak Reklame ialah realisasi nilai (uang) yang dipungut dari wajib pajak atas penyelenggaraan reklame yang ada di Kota Samarinda dari tahun 2012 sampai 2016 sebagai salah satu sumber bagi pembiayaan pemerintahan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan Kontribusi Pajak Reklame adalah sumbangan Pajak Reklame dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda dari tahun 2012 sampai 2016.

     Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dimana objek yang dievaluasi adalah Kontribusi Pajak Reklame. Penelitian ini merupakan penelitian analisis komparatif deskriptif yaitu penelitian ini dengan cara membandingkan Kontribusi pajak Reklame dari tahun ketahun yaitu periode 2012-2016.

     Dari hasil analisis diketahui Kontribusi Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda periode 2012-2016 dikategorikan sangat kurang berkontribusi. Kurangnya Kontribusi Pajak Reklame yang kecil terhadap PAD juga disebabkan oleh kebijakan Pemerintah Kota Samarinda yang relative kecil dalam menetapkan target untuk penerimaan Pajak Reklame Di Kota Samarinda. Serta meningkatnya pemesanan reklame di Kota Samarinda tidak diikuti dengan pengawasan dan control kepada wajib pajak sehingga masih banyak kebocoran yang terjadi dan menyebabkan banyak terdapat reklame-reklame liar dan para wajib pajak yang masih menunggak dan tidak teridentifikasi dengan tepat.

Published
2019-11-25
How to Cite
MILANDA, D. P., & GREGORIUS, G. (2019). Analisis Kontribusi Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Samarinda. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 8(2), 16. https://doi.org/10.24903/je.v8i2.761
Section
Articles