DAMPAK TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI SAMARINDA

  • Rudy Syafariansyah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Abstract views: 201 , PDF downloads: 2068
Keywords: transportasi online, transportasi konvensional, driver, gojek, grab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya dampak keberadaan transportasi online terhadap sosial ekonomi masyarakat di Samarinda. Sumber data langsung dari objek penelitian atau disebut data primer. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui kuisioner dengan skala data ordinal. Populasi diambil dari driver transportasi konvensional, driver transportasi online dan pengguna (penumpang). Sampel sebanyak 90 responden dengan teknik purposive smpling.

Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regression Linear Method. Variabel yang diteliti 2 (dua) variabel, yaitu keberadaan transportasi online sebagai variabel independen (X) dan sosial ekonomi masyarakat sebagai variabel dependen (Y).

Hasil penelitian, survei kepada 90 orang, sebanyak 61 responden (68%) menyatakan transportasi berdampak positif bagi sosial ekonomi masyarakat. Koefisien regresi, sebesar 2,9. Koefisien Korelasi ( R ) sebesar 0,905 maknanya bahwa pengaruh transportasi online terhadap dampak sosial ekonomi masyarakat Samarinda adalah sangat kuat dan positif, pengaruhnya sebesar nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,82 atau 82%.

Hasil uji hipotesis; t hitung > t tabel ( 19,997 > 1,987) maka Ho ditolak, dan menerima H1, artinya bahwa keberadaan transportasi online berpengaruh secara signifikan terhadap sosial ekonomi masyarakat di Samarinda. 

Published
2019-02-02
How to Cite
Syafariansyah, R. (2019). DAMPAK TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI SAMARINDA. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 7(2), 103-116. https://doi.org/10.24903/je.v7i2.449
Section
Articles