Metode Break Even Point (BEP) Untuk Menentukan Besarnya SPP Mahasiswa pada Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

  • Suyanto Suyanto Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Erni Setyawati Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Abstract views: 123 , PDF downloads: 845
Keywords: BEP, Biaya Tetap, Biaya Variabel, Total Pendapatan

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk menyusun perencanaan manajemen khususnya bagian keuangan guna menentukan besarnya SPP per semester per mahasiswa pada tahun akademik berikutnya dengan metode titik impas (break even point). Metode break even point (BEP) erat kaitannya dengan hubungan biaya, volume, pendapatan dan laba yang merupakan teknik untuk menggabungkan, mengkoordinasikan dan menafsirkan data produksi untuk  membantu  manajemen  dalam  mengambil  keputusan.  

Untuk dapat menggunakan metode BEP, biaya yang terjadi harus dipisahkan menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah biaya yang jumlah totalnya tetap dan bertambah dengan adanya perubahan volume kegiatan. Biaya variabel adalah biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Penelitian ini menggunakan alat analisis Total Approach dan Marginal Approach dengan bantuan work sheet excel for windows. 

Published
2017-10-25
How to Cite
Suyanto, S., & Setyawati, E. (2017). Metode Break Even Point (BEP) Untuk Menentukan Besarnya SPP Mahasiswa pada Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 5(1), 16 - 24. https://doi.org/10.24903/je.v5i1.216
Section
Articles