Pelatihan Kerajinan Bambu di Desa Keluru Kabupaten Kerinci menuju Industri Kreatif

  • Husni Mubarat Universitas Indo Global Mandiri
  • Mukhsin Patriansyah Universitas Indo Global Mandiri

Abstract

Desa keluru memiliki hutan adat Temedak yang dikelola oleh masyarakat. Salah satu potensi hutan tersebut adalah tumbuhan bambu. Sejauh ini bambu tersebut hanya dimanfatkan oleh masyarakat sebagai kebutuhan untuk bertani, nelayan dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Oleh karenanya sangat disayangkan bambu tersebut tidak dikembangkan kemanfaatannya menjadi aneka produk kerajinan, agar potensi tersebut dapat menjadi peluang bagi masyarakat Desa Keluru sebagai lapangan pekerjaan yang mandiri dan kreatif. Tujuan pelatihan ini adalah memberi wawasan ketermpilan, baik mengenai teknik, maupun kemandirian dalam produksi, promosi dan pemasaran. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, bimbingan dan evaluasi. Sebagai tahap awal, hasil pelatihan tersebut sudah cukup memuaskan, yang mana sebahagian besar produk yang dihasilkan sudah layak dipasarkan. Potensi kerajinan di Desa Keluru ini perlu ditumbuh kembangkan untuk menuju industri kreatif, sehingga dapat menjadi salah satu produk unggulan daerah di Kerinci, khususnya di Desa Keluru. Harapan ini tentunya sangat beralasan karena mengingat kekayaan SDA dan SDM yang mumpuni, sehingga sangat memungkinkan sekali kerajinan bambu ini dikembangkan di Desa keluru.    

References

Minarti W, Sri Umi, dkk., Pemberdayaan Home Industri Menuju Kemandirian. Jurnal Karinov Malang, Vol. 1, No. 3, Edisi September, Th. 2018

Fauziyah, dkk., (2017). IbM Kelompok Kerajinan Bambu di Desa Pehkulon Kecamatan Papar Kediri. Jurnal Dedikasi, Vol. 14, Edisi Mei 2017.

Sachari, Agus. 2002. Estetika, Makna, Simbol dan Daya. Penerbit ITB, Bnadung.

Zid, Muhammad., & Ahmad Tarmiji Alkhudri. (2016). Sosiologi Pedesaan dan Perkembangan Kajian Pedesaan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Internet:

http://www.berdesa.com, diakses 02/02/2020

Published
2020-07-05
How to Cite
Mubarat, H., & Patriansyah, M. (2020). Pelatihan Kerajinan Bambu di Desa Keluru Kabupaten Kerinci menuju Industri Kreatif. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(02), 217-226. https://doi.org/10.24903/jam.v4i02.867