Pelatihan Akuntansi dengan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bidang Jasa

  • Martinus Robert Hutauruk University of Widya Gama Mahakam Samarinda
Abstract views: 118 , PDF downloads: 38
Keywords: Accounting Training, Zahir Accounting, MSMEs

Abstract

Tujuan dari kegiatan pelatihan akuntansi berbasis aplikasi ini adalah untuk membantu komunitas bisnis dalam lingkup Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah kota Samarinda untuk dapat mengatasi masalah administrasi bisnis hingga dapat mengelola bisnis mereka secara lebih profesional dan mampu memenuhi persyaratan kredit di bank. Kegiatan pelatihan ini adalah salah satu bentuk kepedulian, perhatian, dan penerapan keilmuan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, sehubungan dengan permasalahan manajemen bisnis untuk para pelaku bisnis UMKM di kota Samarinda. Melalui klinik bisnis ini, diharapkan dapat membantu pengusaha UMKM untuk mengelola administrasi bisnisnya secara lebih profesional. Selain itu, diharapkan pengusaha UMKM akan dapat mengembangkan bisnis mereka melalui sumber modal dengan memenuhi persyaratan laporan keuangan sebagai debitur di bank dan bank lembaga non-pendanaan. Kegiatan pelatihan telah berjalan dengan baik dan juga memperkenalkan serta memberikan praktik langsung dalam membuat laporan keuangan melalui pengelolaan transaksi yang lengkap dan dikerjakan melalui penggunaan software standar akuntansi. Peserta sangat menyadari pentingnya pengelolaan transaksi bisnis melalui sistem komputer akuntansi. Hasil kegiatan pelatihan ini adalah peserta telah mampu membuat laporan keuangan (neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan perubahan ekuitas) yang berstandar. Keterbatasan lokasi dan waktu menjadi hal yang perlu dipertimbangkan untuk pengembangan kegiatan pelatihan ini di masa depan. Pada waktu yang akan datang, sistem pelatihan harus dilakukan lebih intensif lagi dengan dukungan penggunaan software akuntansi, agar manajemen UMKM akan semakin baik.

References

Accounting Principles Board (1970) APB 16 : Business Combinations, Business.

AICPA (2019) ‘Consideration of Fraud in a Financial Statement’, in Audit and Accounting Guide – Construction Contractors, 2019. doi: 10.1002/9781119679295.ch12.

Baridwan, Zaki (2004) Intermediate Accounting “Pengantar Akuntansi”, Buku 2, Edisi 21, Salemba Empat. Jakarta.

Bodnar, George H and William S. Hopwood (2010) Accounting Information System. 10th edition. United State Of America: Pearson Education Inc.

Gitman, L.J.; Zutter, C.J (2012) Principles of Managerial Finance. 13e. Boston: Pearson.

Hutauruk, Martinus Robert (2017) Akuntansi Perusahaan Jasa. Aplikasi Program Zahir Accounting Versi 6. Indeks. Jakarta.

James A. O’Brien and Marakas, G. M. (2017) MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS Tenth Edition, McGraw-Hill Irwin.

Rama, D.V., dan L.J. Jones (2006) Sistem Informasi Akuntansi, Buku 1, Terjemahan oleh M. Slamet Wibowo, 2008, Jakarta: Salemba Empat.

SBR, T. K. P. R. B. (2017) ‘SAK (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah)’, Sak Emkm.

Warren, C. S., Reeve, J. M. and Duchac, J. (2012) Financial and Managerial Accounting, Management Accounting Research.

Published
2020-01-29
How to Cite
Hutauruk, M. R. (2020). Pelatihan Akuntansi dengan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bidang Jasa. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 114-122. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.782
Section
Articles