Olahan Sari Jeruk Sebagai Usaha ntuk Meningkatkan Nilai Produk Jeruk Siam

  • Tri Wahyu Oktavendi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Firda Ayu Amalia Universitas Muhammadiyah Malang
Abstract views: 50 , PDF downloads: 41
Keywords: Olahan Sari Jeruk, Petani Jeruk, Diversifikasi Produk

Abstract

Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan nilai produk jeruk siam di Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Latar belakang yang mendasari dilakukannya pengabdian oleh tim adalah adanya permintaan dari para petani jeruk di daerah tersebut. Para petani yang selanjutnya disebut mitra meresahkan anjloknya harga jeruk ketika panen raya. Keresahan inilah yang ditindaklanjuti oleh tim pengabdian. Mitra telah mendapatkan sosialisasi olahan jeruk. Akan tetapi tidak ada proses yang berkelanjutan. Harapan mitra adalah adanya proses pendampingan produksi hingga pemasaran sari jeruk.  Pengabdian yang dilakukan sekarang adalah tahap pertama, yaitu melaksanakan pelatihan membuat olahan sari jeruk. Metode yang digunakan adalah praktik secara langsung dengan mengundang pemateri yang ahli di bidang pengolahan sari buah.

Produk olahan sari jeruk telah tercipta melalui tahapan yang sudah dilakukan. Tahapan tersebut dimulai dari sosialisasi hingga praktik pembuatan produk sari jeruk. Sebelum dilaksanakannya proses pengolahan, terlebih dahulu pemateri memaparkan materi yang berisi alat dan bahan yang digunakan serta langkah-langkah pembuatan sari jeruk. Proses pengolahan sari jeruk dilaksanakan selama 2 jam. Hasilnya, produk olahan sari jeruk tercipta dan mampu meningkatkan nilai produk Jeruk Siam. Pemateri memberikan kesempatan pada peserta pelatihan untuk mencoba hasil olahan sari jeruk. Selain itu, membuka sesi evaluasi pada peserta pelatihan atas olahan sari jeruk yang dihasilkan.

References

Alitawan, A. A. I., & Sutrisna, I. K. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Jeruk pada Desa Gunung Bau Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(5).

Hermawan, I. (2012). Analisis eksistensi sektor pertanian terhadap pengurangan kemiskinan di pedesaan dan perkotaan. MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan, 28(2), 135-144.

Isbah, U., & Iyan, R. Y. (2016). Analisis peran sektor pertanian dalam perekonomian dan kesempatan kerja di Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 7(19), 45-54.

Putra, H., & Nasir, M. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Sektor Pertanian Di Propinsi Aceh. Jurnal Agrisep, 16(1), 53-60.

Published
2020-01-29
How to Cite
Oktavendi, T. W., & Amalia, F. A. (2020). Olahan Sari Jeruk Sebagai Usaha ntuk Meningkatkan Nilai Produk Jeruk Siam. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 106-113. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.781
Section
Articles