Pelatihan Manajemen Usaha dan Pengelolaan Keuangan pada Kelompok Tani Kopi Desa Solor Kabupaten Bondowoso

  • Galih Wicaksono Universitas Jember
  • Tree Setiawan Pamungkas Universitas Jember
Abstract views: 87 , PDF downloads: 26
Keywords: Kelompok Tani Kopi, Manajemen Usaha, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi oleh kelompok tani kopi terkait manajemen usaha dan pengelolaan kopi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso yang meliputi : (1) pembuatan pengemasan kopi dibuat secara sederhana dan seadanya saja dengan menggunakan kantong plastik, (2) kedua mitra tidak memiliki pemahaman yang baik tentang desain kemasan kopi yang menarik, higienis, dan bernilai jual, (3) pemasaran kopi hanya memenuhi kebutuhan lokal saja, (4) modal pengembangan usaha yang terbatas, dan (5) pengelolaan keuangan yang masih kacau. Berdasarkan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kedua mitra, tim Pelaksana PKM akan memberikan solusi sebagai berikut : (1) pelatihan dan simulasi teknik pembuatan desain pengemasan kopi, (2) pelatihan dan simulasi manajemen pemasaran kopi secara komprehensif, (3) pelatihan dan simulasi pembuatan proposal kelayakan usaha dan bisnis usaha kopi, dan (4) pelatihan dan simulasi penyusunan laporan keuangan usaha kopi. Dengan adanya beberapa intervensi yang dilakukan oleh Tim PKM, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dalam manajemen usaha dan pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh petani kopi.

References

BPS Kabupaten Bondowoso. 2015. Statistik Daerah Kecamatan Cermee 2015. Bondowoso.

Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.

Jayanti, Ni Ketut Dewi Ari, dkk. 2016. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan

Nilai Jual dan Pemasaran UKM Kopi Bali. Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah. Vol. 7 No.2 Desember 2016.

Universitas Jember. 2016. Pengembangan Kopi Rakyat Menuju Sistem Organik Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Roadmap RIP Universitas Jember 2016- 2020. Jember.

Published
2020-01-29
How to Cite
Wicaksono, G., & Pamungkas, T. S. (2020). Pelatihan Manajemen Usaha dan Pengelolaan Keuangan pada Kelompok Tani Kopi Desa Solor Kabupaten Bondowoso. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 78-83. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.775
Section
Articles