Sosialisasi Pentingnya Mengenal dan Mengembangkan Potensi Anak Sejak Dini bagi Warga di Kampung Cerdas

  • Gamar Al Haddar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Ratna Khairunnisa Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Abstract views: 47 , PDF downloads: 16
Keywords: Kecerdasan Anak dan Potensi, Mengembangkan Potensi Anak

Abstract

Setiap anak pasti memiliki potensi yang dapat diasah dan digali secara mendalam. Salah satu peran utama orang tua adalah menggali potensi yang dimiliki oleh anaknya. Dalam kegiatan pengabdian ini orang tua dikenalkan dengan delapan ragam kecerdasan sebagaimana teori gadner. Setelah dikenalkan kemudian diberikan pemahaman cara mengenal dan mengembangkan potensi tersebut. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di kampung cerdas yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim  RT 08 Keluarahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Tujuan Penelitian ini adalah memberikan informasi kepada orang tua warga di kampung cerdas tentang  cara dan manfaat yang diperoleh dengan mengenal dan mengembangkan potensi anak sejak dini. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan orang tua dapat mengetahui jenis jenis kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak yakni kecerdasan bahasa, kinestetik, visual, interpersonal, intrapersonal, angka, musikal dan natural. Setelah sosialiasi dilakukan Orang tua juga memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang cara mengenal dan mengembangkan kecerdasan anaknya sejak dini. Para warga di kampung cerdas juga dapat mengetahui karir yang cocok dan sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki oleh anaknya. Dengan demikian orang tua menjadi lebih serius dalam mendidik anaknya. Sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan benar serta perkembangan aspek yang lainnya juga tercapai.

References

Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.

Pernyata, Syafruddin. 2012. Belajar Dari Universitas Kehidupan. Samarinda : Pustaka Spirit.

Sefrina, Andin. 2013. Deteksi Minat dan Bakat Anak.Jakarta : Media Pressindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2020-01-29
How to Cite
Al Haddar, G., & Khairunnisa, R. (2020). Sosialisasi Pentingnya Mengenal dan Mengembangkan Potensi Anak Sejak Dini bagi Warga di Kampung Cerdas. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.769
Section
Articles