Meningkatkan Produktivitas Pelaku UMKM melalui Pelatihan Perencanaan Bisnis

  • Fenty Fauziah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur http://orcid.org/0000-0001-5086-3515
  • Mursidah Nurfadillah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rinda Sandayani Karhab Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Abstract views: 88 , PDF downloads: 20
Keywords: Pelatihan, Perencanaan Bisnis, Produktivitas, Pelaku UMKM

Abstract

Masalah pengangguran salah satunya dapat diatasi dengan membuat program-program pengentasan kemiskinan  Diperlukan upaya terus-menerus yang ditunjang dengan kemampuan untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Mengatasi kemiskinan salah satunya dengan menanamkan jiwa wirausaha sehingga tidak tergantung pada lapangan kerja yang ada dan sangat terbatas. Pelatihan diperlukan untuk lebih  membangkitkan dan mengembangkan jiwa wirausaha di masyarakat.  Pelatihan ada beberapa jenis, yang paling umum adalah pelatihan keterampilan teknis. Sampai saat ini banyak pelaku UMKM yang enggan untuk mengikuti pelatihan, mereka beranggapan bahwa pelatihan cuma buang uang, tenaga dan waktu. Padahal sebenarnya pelatihan seperti pelatihan perencanaan bisnis merupakan investasi yang bermanfaat bagi pelaku UMKM di masa yang akan datang. Ketika akan memulai suatu usaha, maka yang harus dilakukan adalah perencanaan bisnis.  Peningkatan keterampilan dalam perencanaan bisnis akan meningkatkan produktivitas dan akhirnya akan meningkatkan keuntungan finansial.  Metode yang digunakan adalah pelatihan. Pelatihan  ditekankan kepada bagaimana peserta pelatihan untuk menggali  masalah dan potensi masalah yang ada dalam diri maupun lingkungannya.  Hasil pelatihan memperlihatkan bahwa pelaku UMKM memperoleh pengetahuan dan teknik dalam menyusun perencanaan bisnis yang berguna bagi peningkatan produktivitasnya.

References

Hutagalung, R. B. dan S. H. Situmorang. 2008. Pengantar Kewirausahaan. Medan: USU Press.

Dessler, G. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid II. Jakarta. PT. Indeks.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2006. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung. Refika Aditama.

Sinungan, M. 2014. Produktivitas: Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Zimmerer, T.W. and N.M. Scarborough. 1998. Essential of entrepreneur and Small Business Management 2th. New York. Prentice Hall.

https://www.dbs.com. Diakses tanggal 31 Maret 2019 Jam 14.00 WITA

Published
2020-01-29
How to Cite
Fauziah, F., Nurfadillah, M., & Karhab, R. S. (2020). Meningkatkan Produktivitas Pelaku UMKM melalui Pelatihan Perencanaan Bisnis. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 37-43. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.716
Section
Articles