Pengembangan Pemasaran Usaha Kecil Kue Tradisional Rumahan Melalui Media E-Commerce

  • Sunarti Sunarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rani Herning Puspita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rini Ernawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Pemasaran, kue, melalui media, E-Commerce

Abstract

Sektor kuliner adalah favorit para wirausahawan pemula di Kaltim. Kue getas merupakan salah satu penganan kue tradisional rumahan. Produsen kue getas yang merupakan khalayak sasaran pengabdian adalah usaha yang didasari pada warisan keluarga. Pemilihan khalayak sasaran dikarenakan adanya peluang bisnis yang lebih luas dalam pemasarannya namun terhambat oleh pengadaan media atau sarana dan prasarana penunjang baik segi modal, pemasaran, pengadaan alat, material/ bahan, dan pengemasan. Kegiatan PKM ini bertujuan mengembangkan usaha kecil kepemasaran yang lebih luas dengan pengadaan material dari sumbernya dengan mudah dan murah, serta menggunakan peralatan penunjang modern guna pengefisienan waktu dalam pengolahan. Kerangka pemecahan masalah terhadap usaha rumahan yang ada pada khalayak sasaran meliputi pengadaan bahan, pengadaan alat, pemasaran, dan pengemasan. Tim pengabdi melakukan pendamping untuk mengembangkan UKM kue getas baik dalam hal pengadaan bahan, pemasaran, penyediaan alat dan pengemasan yang memudahkan produsen dalam mengolah, mengemas dan memasarkan produk yang dihasilkan. Dalam pelaksaannya dilapangan tim pengabdi berupaya mengarahkan pelaku usaha untuk tidak hanya melirik pasar yang lebih luas namun juga meninjau aspek pengadaan bahan dengan membuka link pasar, alat yang ekonomis dan mampu mengefisiensi waktu, pengemasan produk dengan bahan yang ramah lingkungan dan pemasaran melalui media on line. Target luaran dari kegiatan PKM ini adalah dapat dimuat dalam artiel jurnal nasional dan jurnal PKM di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

References

Subanar, Harimurti. 2001. Manajemen Usaha Kecil . Yogyakarta : BPFE

Suryana. 2003. Kewirausahaan. Pedoman Praktis,Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Alexander, Y.Y. 2002. Enabling E-Commerce Growth through The Social Construction Of A Virtual Community’s Culture. Journal of Electronic Commerce Research, VOL. 3, NO. 4, 2002 Page 279

Badrulzaman, Mariam Darus.2000. Aspek Keperdataan Dari E Commerce. Makalah seminar Pembukaan Kantor Cabang Law Firm&Darus, 6 September 2000: Surabaya.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri. 2001. Naskah Akademik RUU Tentang Tanda Tangan Elektronik dan Transaksi Elektronik: Laporan penelitian tahap pertama Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Departemen Perindustrian dan Perdagangan bekerja sama dengan Lembaga Kajian Hukum Teknologi Fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 2001.

Fensel, D. et al. 2001. Product Data Integration in B2B E-commerce, IEEE Intelligent Systems.

Hafsah, M.J. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop Nomor 25 Tahun XX

Published
2018-09-27
How to Cite
Sunarti, S., Puspita, R. H., & Ernawati, R. (2018). Pengembangan Pemasaran Usaha Kecil Kue Tradisional Rumahan Melalui Media E-Commerce. Jurnal Abdimas Mahakam, 2(2), 85-95. https://doi.org/10.24903/jam.v2i2.377
Section
Articles