Pelatihan Keterampilan bagi Siswi Daar Al Hekam melalui Merangkai Bunga

Authors

  • Nurhafifah Matondang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Tati Handayani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

kreatifitas; siswi; bunga akrilik

Abstract

Kegiatan belajar rutin pada lingkungan pondok pesantren menuntut siswi harus memiliki ketrampilan kerajinan tangan diluar pelajaran inti.  Salah satu diantaranya dengan memberikan pelatihan merangkai bunga dengan tujuan menumbuhkan jiwa kreatifitas yang mampu membuat mereka lebih siap dan mandiri ketika sudah berada dilingkungan masyarakat setelah lulus pendidikan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Ponpes Daar El Hekam yaitu memberikan pengetahuan dasar kewirausahaan dan pengalaman pelatihan yang memunculkan motivasi serta kreativitas melalui rangkaian bunga dari bahan dari akrilik. Metode pelaksanaan dibagi dalam tiga tahap dimulai dengan menggali informasi kebutuhan pelatihan yang diperlukan oleh siswi. Tahap berikutnya persiapan materi kewirausahaan, bahan dan alat, sehingga pelaksanaan pelatihan siswi dengan langsung mempraktekkan merangkai bunga. Tahap ketiga evaluasi dengan diskusi serta tanya jawab terkait hasil penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakan yang telah dilaksanakan dilingkungan sekolah. Hasil yang diperoleh setelah siswi melakukan pelatihan merangkai bunga yaitu siswi lebih kreatif dalam memadupadankan warna bunga dan daun dan penambahan wawasan terkait kewirausahaan.

References

Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.
Ihwan, F. (2019). Meningkatkan kreativitas siswa dengan memanfaatkan sampah bekas menjadi barang yang bernilai ekonomis. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 25–32.
Noviyanti, R. (2017). Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, 1(1), 77–99.
Kebudayaan, K. P. dan. (2016). Bahan Ajar Kursus Dan Pelatihan Merangkai Bunga Kering Dan Bunga Buatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan.
Siregar, H., Ginting, B., & Utara, U. S. (2019). Training on making wreaths for disability 1. 4(2), 144–153.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Matondang, N. ., & Handayani, T. . (2021). Pelatihan Keterampilan bagi Siswi Daar Al Hekam melalui Merangkai Bunga. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 125–130. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1119

Issue

Section

Articles