Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan pada UMKM di Kota Palembang

Authors

  • Muhammad Hamdan Sayadi Universitas Indo Global Mandiri
  • Rafika Sari Universitas Indo Global Mandiri

Keywords:

laporan keuangan; laba rugi; jurnal

Abstract

Program ini bertujuan melakukan pendampingan pembuatan laporan keuangan pada unit UMKM. Laporan keuangan yang baik untuk UMKM harus sesuai SAK EMKM. Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan salah satu UMKM di Kota Palembang yakni Dezainla yang memiliki unit usaha jasa konveksi dan pembuatan berbagai macam produk. Program ini akan dilaksanakan pada bulan Januari – Mei 2020. Beberapa permasalahan utama yang dihadapi mitra ialah pencatatan aset masih dicampur antara aset pribadi dan aset unit usaha, penggunaan uang unit usaha untuk keperluan pribadi, dan tidak terdapat laporan keuangan terutama laporan laba rugi. Setelah program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, mitra dapat mengetahui cara membedakan aset pribadi dan aset unit usaha dan cara penggunaan keuntungan unit usaha yang tidak boleh digunakan untuk keperluan pemilik tanpa adanya proses pencatatan jurnal akuntansi. Mitra juga mengetahui bahwa pembuatan laporan keuangan untuk UMKM tidak dapat dilakukan tanpa SAK EMKM. Laporan laba rugi dapat membantu menyelesaikan permasalahan mitra tentang keluhan mitra mengenai uang kas ditangan dan bank yang minim meskipun usaha berjalan lancar dan banyak pemesanan.

References

Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 2019. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017 – 2018.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Sayadi, M. H. ., & Sari, R. . (2021). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan pada UMKM di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 111–118. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1117

Issue

Section

Articles