Main Article Content

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat kali ini bertujuan untuk mengembangkan kebiasaan masyarakat dalam berperilaku hidup sehat melalui gerakan cuci tangan. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang banyak menular melalui kontak fisik tangan. Masyarakat perlu menyadari bahwa dengan membiasakan diri cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas akan tetap menjaga mereka dari penularan virus Covid-19.


Metode yang dilakukan adalah melalui pembuatan wastafel potabel yang nantinya akan didesain secara hemat dan praktis namun tetap memperhatikan sisi higienitasnya. Wastafel akan didistribusikan ke wilayah yang masuk dalam zona merah. Selain itu metode yang dilakukan adalah dengan membuat poster atau selebaran cara mudah menghindari virus Covid-19 dan membagikan masker kepada warga Balikpapan.


Program ini dilaksanakan dengan harapan bisa membantu Pemerintah Kota Balikpapan untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19. Tim PKM bermitra dengan UPTD Wilayah II Pasar Pandan Sari dalam menentukan lokasi atau titik yang membutuhkan wastafel portable dengan pertimbangan utama memiliki resiko penyebaran tinggi karena adanya tingkat interaksi masyarakat. Melalui kegiatan PKM ini setidaknya bisa dimulai dari langkah sederhana untuk membiasakan masyarakat mencuci tangan dengan sabun. Penyebaran yang terus bertambah membuat masyarakat saat ini melakukan aktivitas dari rumah namun masih ada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah. Sasaran utama kegiatan PKM ini adalah untuk mengantisipasi penyebaran yang berdampak langsung ke masyarakat yang melakukan aktivitas diluar rumah. Hasil utama dari kegiatan PKM ini adalah berupa produk tempat cuci tangan bagi warga yang berada di Pasar Pandasari. Hasil tambahan berupa masker dan pamphlet dibagikan kepada warga kota Balikpapan.

Article Details

How to Cite
Sorongan, E., Musfirah K., N., Sari, D. R., & Lesmideyarti, D. (2021). Pembuatan Wastafel Portabel dalam Upaya Mengurangi Tingkat Penyebaran COVID-19 di Wilayah Kota Balikpapan. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 24-32. https://doi.org/10.24903/jam.v5i01.1067

Most read articles by the same author(s)