Main Article Content

Abstract

Coronavirus jenis baru dari SARS-CoV-2 yang telah menggemparkan dunia diawal tahun 2020, yang disebut dengan Coronavirus Desease 19 (CIVID-19). Wuhan, tiongkok merupakan asal mula dari virus ini yang muncul pada penghujung tahun 2019 tepatnya akhir bulan desember. Tercatat sudah 65 negara yang terjangkit coronavirus. Semua golongan umur rentan terhadap coronavirus. Akan tetapi pengetahuan tentang infeksi COVID-19 pada kehamilan dan janin masih terbatas dan belum ada penanganan yang spesifik pada ibu hamil dengan COVID-19. Akan tetapi penanganan secara umum sudah diterapkan oleh pelayanan kesehatan.


Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan penyerahan secara simbolis media eduksi kepada kepala desa kalisapu yang dihadiri oleh kepala desa, satuan gugus tugas desa kalisapu, BABINSA desa kalisapu dan masyarakat desa kalisapu. Kegiatan dilanjutkan dengan edukasi pada warga kalisapu mengenai pencegahan penyebaran COVID-19.


Pencapaian  dari kegiatan “Edukasi Kesehatan Pencegahan Penyebaran COVID-19 pada Warga Desa Kalisapu” dinilai baik. Dilihat dari beberapa indicator, yaitu jumlah peserta, antusiasme warga, dan penyampaian materi dengan media booklet yang berjudul “Kenali COVID-19”.


Kata Kunci : Edukasi kesehatan, COVID-19, Desa Kalisapu

Article Details

How to Cite
Masturoh, M., Fatkhiyah, N., Siswati, S., & Hadiningsih, T. A. (2021). Edukasi Kesehatan Pencegahan Penyebaran COVID-19 pada Masyarakat Desa Kalisapu. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 10-15. https://doi.org/10.24903/jam.v5i01.1026

Most read articles by the same author(s)